Breaking News:

Wagub DKI Sarankan Warga Jakarta Tetap di Rumah saat Musim Mudik

Meski demikian, Riza lebih merekomendasikan warga tetap berada di Jakarta dan tidak bepergian karena momen lebaran bisa dirayakan secara virtual.

Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di kantornya Balai Kota, Selasa (9/3/2021). Wagub DKI Sarankan Warga Jakarta Tetap di Rumah saat Musim Mudik 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Bulan suci Ramadan masih sekitar satu bulan lagi, artinya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah masih sekitar dua bulan lagi, namun kegaduhan terkait mudik Lebaran 2021 sudah santer terdengan dan menjadi pembahasan di mana-mana.

Para prinsipnya, melalui Kementerian Perhubungan, Pemerintah kali ini tidak akan melarang mudik Lebaran 2021 seperti tahun sebelumnya, mudik Lebaran 2020.

Pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa Pemerintah pada prinsipnya tidak akan melarang mudik Lebaran 2021 itu langsung disambut gembira, terutama di kalangan pengusaha otobus (PO).

Maklum, musim mudik Lebaran 2020 para pengusaha otobus benar-benar "mati suri" karena ada larangan resmi dari Pemerintah terkait mudik Lebaran 2020.

Hanya saja, meski Pemerintah tidak akan melarang mudik Lebaran 2021, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, tempat terbaik tetaplah rumah meskipun pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan mengindikasikan tidak melarang mudik pada tahun 2021.

"Kami memahami apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Alhamdulillah, karena sudah turun, kemudian sudah vaksin, pada tahun lalu saudara kita tidak bisa mudik, libur 3—4 kali," kata Riza di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Selain itu, kata dia, pada tahun lalu mereka juga tidak diperkenankan mudik.

Maka, pemerintah mengambil kebijakan pada tahun ini diberikan keleluasaan. Namun, bagi warga Jakarta, sedapat mungkin, tempat yang terbaik adalah rumah.

Politikus Gerindra itu memahami mudik Lebaran menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan pemerintah pusat turut menjamin perlindungan masyarakat dari COVID-19.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved