Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

PN Jakarta Timur Peringatkan Sikap Rizieq Selama Sidang Akan Pengaruhi Vonis Hakim

Alex Adam Faisal mengatakan sikap Rizieq selama proses sidang akan memengaruhi pertimbangan Hakim saat menjatuhkan vonis

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal saat memberi keterangan terkait sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana kekarantinaan kesehatan yang menjerat Rizieq Shihab, di Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Sikap Rizieq Shihab yang melakukan walk out dan menolak mengikuti sidang dugaan perkara tindak pidana kekarantinaan kesehatan secara virtual disebut bakal merugikan.

Tidak hanya karena kesempatan membela diri di hadapan Majelis Hakim yang mengadili tiga perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan hilang karena walk out dan menolak mengikuti sidang.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan sikap Rizieq selama proses sidang akan memengaruhi pertimbangan Hakim saat menjatuhkan vonis nantinya.

"Apabila terjadi hal tersebut (walk out) nanti akan menjadi penilaian dari Majelis Hakim. Nanti dalam suatu putusan tentang keadaan memberatkan dan meringankan. Menjadi catatan Majelis Hakim," kata Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Video Penggandaan Uang Direkam Istri Ustaz Gondrong, Diperiksa Polisi Mengaku Hanya Sekedar Iseng

Hal ini menanggapi sikap Rizieq Shihab yang melakukan walk out pada sidang Selasa (16/3) saat sidang agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) harusnya digelar.

Serta sidang pembacaan dakwaan pada Jumat (19/3) saat Rizieq Shihab menolak sidang virtual dan tetap meminta dihadirkan langsung di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Kan nanti di dalam suatu putusan tentang keadaan memberatkan dan meringankan. Menjadi catatan Majelis Hakim. Tentunya seperti itu, semua fakta persidangan akan dimasukkan dalam pertimbangan putusan Majelis Hakim," ujarnya.

Baca juga: 8 Program Sekolah Relawan Sambut Ramadan: Warung Makan Gratis Hingga Sedekah Lawan Rentenir

Dalam hal sikap walk out Rizieq pada sidang Selasa (16/3) dan menolak ikut sidang virtual pada Jumat (19/3) dianggap sudah mencoreng marwah atau kehormatan Pengadilan.

Alex menuturkan dalam proses peradilan terdakwa wajib mengikuti sidang dan tidak punya hak menolak jalannya sidang selama kondisinya memungkinkan untuk memungkinkan.

"Bahwa terdakwa itu wajib hadir di persidangan, artinya persidangan itu ada karena terdakwa. Jadi tidak ada haknya untuk keluar persidangan," tuturnya.

Baca juga: Pria Bunuh Diri dari Lantai 27 Apartemen Ambasador, Terungkap Ini Penyebab Tubuhnya Terpotong Dua

Pengadilan Negeri Jakarta Timur sendiri menjadwalkan sidang lanjutan beragendakan eksepsi atau keberatan atas dakwaan JPU digelar pada Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Herman alias Ustaz Gondrong Pengganda Uang di Bekasi Nikahi Istrinya Saat Masih Berusia 16 Tahun

Sidang eksepsi yang tetap digelar secara virtual meliputi perkara kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat pada13 November 2020 lalu.

Serta perkara kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung, Bogor pada 13 November 2020 dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved