Anies Baswedan Bawa Sepeda Non Lipat Masuk MRT Tuai Polemik, Pihak MRT Turun Tangan Beri Penjelasan

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bawa sepeda masuk MRT tuai polemik. Pihak MRT Jakarta beri penjelasan.

Akun Instagram MRT Jakarta
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba fasilitas sepeda nonlipat di MRT Jakarta. Ia tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab sekitar pukul 06.30 WIB. Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa sepeda masuk MRT menuai polemik. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bawa sepeda masuk MRT tuai polemik.

Foto Anies Baswedan saat membawa sepeda non lipat di Stasiun MRT Lebak Bulus diunggah akun instagram @mrtjkt.

Namun, foto tersebut mendapatkan bergam komentar dari netizen sehinggak pihak MRT turun tangan beri penjelasan.

Awalnya, akun instagram MRT menuliskan judul 'Canangkan Akses Sepeda Non Lipat di MRT Jakarta'

"Hari ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba fasilitas sepeda nonlipat di MRT Jakarta. Ia tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab sekitar pukul 06.30 WIB ditemani oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Achmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo yang bersepeda dari kediaman Gubernur Anies. Rombongan disambut langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar serta Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi," tulis pihak MRT Jakarta pada Rabu (24/3/2021).

"Selama berada di Stasiun Lebak Bulus Grab, Gubernur Anies terlihat antusias dan berdiskusi dengan direksi terkait fitur baru tersebut. Rombongan kemudian menggunakan ratangga tujuan Stasiun Bundaran HI pukul 06.44 WIB. Sesampainya di Stasiun Bundaran HI, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Balaikota Provinsi DKI Jakarta dengan bersepeda," tambahnya.

Pihak MRT Jakarta juga menjelaskan mengenai akses sepeda non lipat tersedia di tiga stasiun yakni Lebak Bulus, Blok M dan Bundaran HI.

"Di setiap stasiun tersebut juga disediakan fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala. Meski demikian, pengguna sepeda non-lipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan. Demi menunjang kenyamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas sepeda non-lipat, MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan sticker tanda pada stasiun dan kereta. Adapun kebijakan sepeda non-lipat ini telah melalui berbagai tahap uji coba yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan MRT Jakarta," tambahnya.

Foto-foto Anies Baswedan sedang melakukan ujicoba sepeda non lipat masuk MRT pun mendapat komentar dari netizen.

Mereka mengkritik namun adapula yang mendukung kebijakan itu dan menyampaikan pendapatnya di kolom komentar @mrtjakarta.

@erwin_wongkar: Programnya sepeda tapi gk gini2 juga pak anies, org naik sepeda ya..di jalan ajah pake sepeda gk usaha ganggu transportasi umum.. Sklian ajh di busway sepedanya di masukin

@martinleman169: Sepeda lipat, otoped, masih masuk akal. Sepeda non lipat??? Abis ini nanti sepeda tandem dan sepeda motor juga boleh deh...

@raisunarnindias Saya gak setuju, maaf ya sbg pengguna MRT mnrt saya kurang efisien, namanya MRT buat penumpang manusia udh baik hanya manusia yg naik, jgn ditambahin benda mati seperti sepeda, apalagi non lipat.. Mau di bilang hanya ada do gerbong brp kek tetep aja itu menggangu kenyamanan, sepeda udh ada jalurnya klo ga mau naik sepeda ya naik yg lain jgn egois mau naik sepeda tp naik mrt juga ribet tau.. Dan lagi pulak sepeda udah ada jalurnya sendiri bukan? Dan bukankah dana pembuatan jalur sepeda lebih besar? Lebih baik fungsikan apa yg sudah ada jgn ganggu cluster lain lah.. Ibarat rumah tangga nih sepeda jd pelakor/pebinor tau jd ganggu. Terimakasih mohon utk kebijakan ini dipikir lagi deh, jgn pilihkasih

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved