Breaking News:

Peran Polisi Virtual dalam Merawat Kebhinekaan di Era Disrupsi

Hadirnya Polisi Virtual di era Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menurut penulis adalah suatu inovasi yang sangat relevan

Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Rizqi Fathul Hakim, Ketua Umum PB INSPIRA (Inisiator Perjuangan Ide Rakyat) 

Oleh Rizqi Fathul Hakim, Ketua Umum PB INSPIRA (Inisiator Perjuangan Ide Rakyat)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dunia saat ini sedang menghadapi suatu era yang disebut dengan era disrupsi.

Secara umum, Era disrupsi dipahami sebagai perubahan model aktivitas manusia yang awalnya dilakukan di dunia nyata kini berpindah ke dunia maya.

Sekalipun sejarah dari lahirnya era ini sangat erat kaitannya dengan dunia ekonomi (dunia bisnis), kini semangatnya mempengaruhi perilaku komunikasi manusia.

Secara perlahan namun pasti, masyarakat dunia kini mulai meninggalkan media massa mainstream seperti koran, radio dan televisi sebagai sumber informasi, dan beralih ke dunia digital (medsos).

Melalui perangkat kecil yang bernama smartphone atau gadget, manusia kini dengan mudah mendapatkan jutaan informasi secara cepat hanya dengan sekali sentuh.

Namun di balik kecanggihan yang ditawarkan, sejumlah perilaku menyimpang (anomie) seperti hoaks, rasisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech) seringkali menjadikan medsos sebagai sarana utama untuk merusak hubungan sosial.

Benteng tangguh bangsa Indonesia yang bernama Bhineka Tunggal Ika pun mulai terancam eksistensinya.

Pada posisi ini penulis menilai peran Polri dengan Cyber Police atau Polisi Virtual memainkan peranan sentral dalam upaya mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), khususnya di era disrupsi ini.

Polisi virtual

Hadirnya Polisi Virtual di era Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menurut penulis adalah suatu inovasi yang sangat relevan dengan kebutuhan zaman, khususnya dalam menjaga dan merawat semangat Kebhinekaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved