Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Eks Wali Kota dan Kapolres Jakarta Pusat Bakal Jadi Saksi Sidang Kasus Kerumunan Rizieq Shihab

Jaksa Penuntut Umum (JPU) bakal menghadirkan 10 saksi di sidang lanjutan terdakwa Rizieq Shihab

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Bekas Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto akan dihadirkan di sidang terdakwa Rizieq Shihab 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Jaksa Penuntut Umum (JPU) bakal menghadirkan 10 saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana kekarantinaan kesehatan Rizieq Shihab pada Senin (12/4/2021).

10 saksi tersebut dihadirkan guna membuktikan dakwaan JPU dalam kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat dan Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung, Bogor.

Bayu Meghantara, saat menjabat Wali Kota Jakarta Pusat
Bayu Meghantara, saat menjabat Wali Kota Jakarta Pusat (TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat)

Hal ini disampaikan JPU saat menjawab perintah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur agar menghadirkan saksi pada sidang lanjutan setelah eksepsi Rizieq Shihab dinyatakan ditolak.

"Kami akan siapkan 10 orang saksi. Kami tidak tahu apakah 10 ini bisa hadir semua," kata JPU sebagaimana dalam live streaming sidang di akun YouTube PN Jaktim PN Jaktim, Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Kepada Majelis Hakim JPU merinci 10 saksi tersebut di antaranya bekas Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, bekas Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto.

Keduanya merupakan bagian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jakarta Pusat saat Rizieq Shihab menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan acara pernikahan putrinya pada November 2020.

Selain kedua nama tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, dan Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Sabdo Kurnianto juga ikut dihadirkan dalam persidangan sebagai saksi.

Saksi lainnya yakni Oka Setiawan, Budi Cahyono, M. Soleh, Rianto Sulistyo, Rusfian, dan Ferixon yang sebelumnya diperiksa saat tahap penyidikan perkara oleh Bareskrim Polri juga dihadirkan.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal menuturkan 10 saksi meliputi berkas perkara nomor 221, 222, dan 226 yang diadili Majelis Hakim diketuai Suparman Nyompa.

Perkara nomor 221 merupakan berkas untuk Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat pada November 2020 lalu saat acara pernikahan anak Rizieq.

Perkara nomor 222 merupakan berkas kasus yang sama dengan terdakwa H. Haris Ubaidillah, H. Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, dan Maman Suryadi.

Baca juga: Ahmad Riza Patria Klaim Jakarta Paling Cepat Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Dibuka Sampai 31 Agustus 2021, Ini Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Baca juga: Salat Tarawih dan Idulfitri Berjamaah Diperbolehkan, Wagub DKI Ingatkan Protokol Kesehatan

Sementara perkara nomor 226 untuk Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung, Bogor pada November 2020.

"10 orang ini untuk 3 perkara, jadi digabungkan semua dan hadir di persidangan. Maksudnya digabung itu perkara nomor 222 saksinya itu juga nomor 221 itu juga artinya digabung. Tapi pemeriksaan mungkin nanti satu per satu," ujar Alex.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved