Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Jaksa Hadirkan Saksi Memberatkan, Kuasa Hukum Riziq Shihab Mengaku Sudah Siap

Tim kuasa hukum terdakwa Rizieq Shihab menyatakan siap berhadapan dengan para yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tampak pengamanan sidang pembacaan dakwaan Rizieq 2 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (19/3/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Tim kuasa hukum terdakwa Rizieq Shihab menyatakan siap berhadapan dengan para saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

Anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan diri berhadapan dengan saksi-saksi yang dihadirkan pada sidang pemeriksaan saksi Senin (12/4/2021).

"Kita sudah bongkar BAP (berita acara pemeriksaan), satu per satu. Kemudian keterangan-keterangan yang nanti hadir ini kurang lebih ada 11 orang," kata Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Ada Sidang Rizieq Shihab, Warga Urus Perkara Tertahan di Depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur

Bongkar BAP dimaksud yakni mempelajari salinan BAP saat para saksi memberi keterangan kepada penyidik Bareskrim Polri sebelum berkas perkara dilimpahkan ke Kejaksaan Agung dan dinyatakan P21.

Berdasar BAP para saksi dari penyidik Bareskrim Polri itu JPU membuat dakwaan dan menentukan pasal-pasal disangkakan kepada Rizieq Shihab dalam perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

"Kita sudah siapkan untuk kita kroscek keterangan mereka (saksi) pada BAP. Bersama Majelis Hakim dan JPU, kita lihat apa ada perbedaan. Hari ini katanya ada 11, ada polisi, Satgas Covid-19, Pemda," ujarnya.

Saksi polisi dimaksud Aziz yakni Kombes Heru Novianto, eks Kapolrestro Jakarta Pusat yang menjabat saat Rizieq Shihab menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan acara pernikahan putrinya pada November 2020 lalu.

Sementara pihak dari Pemda di antaranya eks Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara yang juga menjabat saat kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan acara pernikahan putri Rizieq Shihab.

Baca juga: Hari Ini Rizieq Shihab kembali Jalani Sidang Pemeriksaan Saksi Kasus Petamburan dan Megamendung

Keduanya bagian dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jakarta Pusat yang disebut JPU sudah memperingatkan Rizieq Shihab agar menggelar kegiatan sesuai protokol kesehatan.

Aziz menuturkan Rizieq Shihab yang kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri dalam keadaan sehat dan siap menjalani rangkaian sidang selama bulan Ramadan 1442 Hijriah atau sambil berpuasa.

"Alhamdulillah kondisinya sehat. Enggak ada (persiapan menjalani puasa), biasa saja. Karena kan sering puasa juga beliau," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved