Breaking News:

Info Kesehatan

Jangan Diabaikan, Begini Pentingnya Vaksinasi Rutin di Masa Pandemi Covid-19 Demi Kesehatan

vaksinasi juga dapat menurunkan kemungkinan penyebarkan penyakit, terutama pada orang atau komunitas yang mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin 

TRIBUNJAKARTA/Nur Indah Farrah Audina
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo lakukan monitoring vaksinasi Covid-19 di Rawamangun Square, Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (10/4/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Jangan abaikan pentingnya vaksinasi di tengah pandemi covid-19. 

Berdasarkan rekomendasi WHO, vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan secara luas diakui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling sukses dan hemat biaya di dunia.

Sayangnya, penyebaran virus secara global yang menyebabkan pandemi COVID-19 mengakibatkan risiko terganggunya kegiatan imunisasi rutin karena adanya pembatasan mobilitas yang berdampak pada sistem kesehatan dan penurunan pelaksanaan vaksinasi.

Vaksin adalah salah satu kisah sukses terbesar dalam kesehatan masyarakat.

Melalui penggunaan vaksin, kita telah memberantas cacar dan hampir memberantas virus polio liar.

Alhasil, jumlah orang yang mengalami dampak buruk dari penyakit menular yang dapat dicegah seperti campak, difteri, dan batuk rejan menurun drastis.

Baca juga: Nada Lirih, Ayah Kandung Betrand Peto Akui Banyaknya Kenangan Pahit Onyo di NTT: Saya Tak Sempurna

Baca juga: Desiree Tarigan Dianggap Bawa Lari Isi Brankas, Pengacara Hotma Sitompul: Itikad Baiknya Mana?

"Dengan vaksinasi, seseorang dapat menurunkan peluang terkena penyakit tertentu. Contohnya, vaksin hepatitis B yang dapat menurunkan risiko kanker hati atau vaksin flu yang dapat menurunkan risiko serangan jantung atau komplikasi berat pada penderita diabetes dan penyakit paru-paru kronis," terang Prof. DR. dr. Samsuridjal Djauzi, Sp.PD, K-AI, FACP, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Immunologi RS Cipto Mangunkusumo dalam acara virtual pada Jumat (25/4). 

dr Samsuridjal menerangkan, vaksinasi juga dapat menurunkan kemungkinan penyebarkan penyakit, terutama pada orang atau komunitas yang mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin  karena usia atau kondisi kesehatan mereka.

"Di tengah situasi pandemi, pemberian vaksinasi bertambah penting untuk melindungi populasi yang lebih baik dalam COVID-19," jelasnya. 

Menyadari pentingnya vaksinasi, Kementerian Kesehatan menghimbau agar masyarakat tak abai untuk melakukannya. 

"Walaupun saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia tengah mengalami pandemi COVID-19, penting bagi masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter," papar dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan RI.

dr Siti Nadia menjelaskan, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk meningkatkan cakupan vaksinasi nasional dan kualitas kesehatan masyarakat dapat meningkat. 

Saat ini, sudah banyak fasilitas kesehatan yang telah menyesuaikan praktik mereka dan menerapkan solusi baru untuk meminimalisasi risiko penularan COVID-19 guna membantu melindungi orang-orang yang mengunjungi klinik atau rumah sakit untuk melakukan vaksinasi.

Seperti adanya pendaftaran awal atau pre-booking registration dan area yang terpisah antara pasien sakit dan vaksinasi

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved