Breaking News:

Munarman Ditangkap Densus 88

Kuasa Hukum Klaim Munarman Perintahkan Pemecatan Anggota FPI Makasar yang Berbaiat ke ISIS

Tim kuasa hukum eks Sekretaris Umum FPI Munarman membantah klien mereka terlibat baiat atau pengucapan sumpah setia kepada ISIS

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Bima Putra
Anggota tim kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar saat memberi keterangan terkait kasus dugaan tindak pidana terorisme Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Tim kuasa hukum eks Sekretaris Umum FPI Munarman membantah klien mereka terlibat baiat atau pengucapan sumpah setia kepada ISIS di Kota Makassar pada 2015.

Meski membenarkan bahwa Munarman hadir sebagai pembicara dalam kegiatan baiat kepada ISIS dilakukan sejumlah anggota dan simpatisan eks FPI di Makassar pada 2015 silam.

Anggota tim kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar mengklaim bahwa setelah mengetahui kegiatan kliennya meminta anggota eks FPI yang terlibat dalam kegiatan dipecat dari keanggotaan.

"Tiga bulan setelah itu mereka (eks anggota FPI yang berbaiat) diperingatkan, diberhentikan dari FPI. Itu inisiasi dari pak Munarman, artinya tegas. Kalau memang tidak sesuai dengan bingkai NKRI diberhentikan," kata Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (28/4/2021).

Tapi dia tidak merinci berapa banyak eks anggota FPI yang saat itu hadir dalam kegiatan baiat kepada ISIS dan berapa banyak anggota yang dipecat dari keanggotaan FPI.

Hanya menyebut pemecatan yang diinisiasi Munarman dapat dibuktikan lewat surat, menurutnya surat tersebut pernah ditunjukkan ke media massa sebelum Munarman jadi tersangka.

"Ada suratnya (pemecatan anggota FPI yang berbaiat ke ISIS)," ujarnya.

Merujuk surat penangkapan yang diberikan penyidik, Aziz menuturkan Munarman jadi tersangka hanya atas kasus baiat yang dilakukan sejumlah anggota FPI di Makassar pada 2015.

Dikonfirmasi apa Munarman juga terlibat baiat di UIN Jakarta dan Kota Medan sebagaimana keterangan Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Aziz mengaku tidak tahu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved