Warga India Lolos Karantina, Polresta Bandara Soekarno-Hatta Pertebal Penyekatan

Polresta Bandara Soekarno-Hatta mempertebal penyekatan karantina warga negara asing

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Ega Alfreda
Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra saat ditemui awak media terkait oknum pegawai PT Angkasa Pura II jadi joki warga India, Rabu (28/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Polresta Bandara Soekarno-Hatta mempertebal penyekatan karantina warga negara asing yang mendarat ke Bandara Soekarno-Hatta.

Sebab, diketahui sebelumnya, Polresta Bandara Soekarno-Hatta menciduk lima dari tujuh warga India yang tidak mengikuti prosedur karantina saat tiba di Indonesia.

Empat warga negara Indonesia (WNI) pun turut diciduk lantaran menjadi joki lolosnya warga India tidak dikarantina selama lima hari.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan pihaknya telah mendirikan posko dan menaruh personel untuk mempertebal pengawasan WNA saat digiring menuju tempat karantina.

"Kita sudah membuat pengetatan, sesuai dengan petunjuk dan perintah pimpinan kita menambah lagi suatu pengetatan berupa pendataan yang dilakukan oleh personel," jelas Adi di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (28/4/2021).

Yang tadinya pengarahan ke kendaraan untuk menuju tempat karantina dilakukan oleh tim Satgas Udara Covid-19, sekarang dibantu Polri.

Bantuan berupa penyekatan WNA yang hendak kabur dari jalur yang telah disediakan.

Juga pendataan soal identitas sopir taksi yang mengantar ke tempat karantina, penjemput, hingga kamar tempat WNA melakukan karantina.

"Mengarahkan ke hotel ke mobil itu, sekarang ditambah dari polresta untuk mendatakan nama, alamat, kemudian hotelnya apa, paspornya, kemudian petugas hotelnya, masuk kendaraannya dan sopirnya," terang Adi.

Diberitakan sebelumnya, Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil meringkus lima dari tujuh warga asal India yang berhasil lolos dari kewajiban karantina pada Rabu (21/4/2021) lalu.

Baca juga: Pegawai Angkasa Pura II Diduga Jadi Joki Warga India Lolos Karantina dari Bandara Soekarno-Hatta

Usut punya usut, ketujuhnya menggunakan jasa joki yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) untuk meloloskan mereka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus memastikan joki tersebut berjumlah empat orang yang semuanya mempunyai id card atau pass yang bisa mengakses semua area Bandara Soekarno-Hatta.

"Iya asli, ini asli. Mereka semua (joki) menggunakan pass asli yang dikeluarkan di Bandara Soekarno-Hatta. Sehingga mereka bisa keluar masuk bebas," jelas Yusri sambil menunjukan id card berwarna kuning di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Terungkap! Joki di Bandara Soetta yang Loloskan 7 WNA India Tanpa Karantina Menggunakan Pass Asli

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved