Demo Buruh di Tengah Pandemi Covid, Polisi Sediakan Swab Antigen Gratis

Nantinya, tes swab antigen itu akan dilakukan secara gratis sebelum para buruh berangkat melakukan aksi sesuai dengan titik kumpul yang ditentukan

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Ribuan buruh dari Tangerang yang sudah berkumpul di Citra Raya Cikupa, Kabupaten Tangerang yang akan merapat ke Istana Negara menggunakan sepeda motor menolak Undang-undang Omnibus Law, Cipta Kerja, Kamis (22/10/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan melakukan tes swab antigen untuk buruh yang akan menggelar aksi perayaan Hari Buruh Internasional atau Mayday.

Diketahui, perayaan Hari Buruh Internasional ini jatuh pada Sabtu (1/5/2021) besok.

Adapun para buruh di sekitaran wilayah hukum Polda Metro Jaya dominan akan menggelar aksi di sekitar kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Inisiasi tersebut kata Yusri dilakukan setelah pihak Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta agar kepolisian menyediakan swab test antigen bagi buruh yang akan melakukan aksi besok.

Nantinya mereka menjanjikan akan melakukan aksi secara damai sesuai dengan protokol kesehatan.

"Seperti KSPI minta di-swab sebelum melaksanakan kegiatan besok pagi. Mereka sampaikan melakukan kegiatan dengan humanis," kata Yusri kepada awak media, di Polda Metro Jaya, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Tanggal 1 Mei Diperingati Sebagai Hari Buruh atau May Day, Simak Sejarah Hari Buruh

Hal tersebut direspon pihaknya dengan membentuk tim yang berkoordinasi dengan para serikat pekerja tersebut dengan menyiapkan posko kemanusiaan di sekitaran lokasi aksi.

Nantinya, tes swab antigen itu akan dilakukan secara gratis sebelum para buruh berangkat melakukan aksi sesuai dengan titik kumpul yang ditentukan.

"Titik kumpulnya SPSI KSPI meminta kepada kami, di mana titik kumpulnya akan ada tim yang datang kesana untuk melaksanakan swab," tutur Yusri.

Adapun kata Yusri, hingga saat ini sesuai dengan laporan yang diterima pihaknya para buruh akan fokus menggelar aksi di tiga tempat besok.

Baca juga: Peringati May Day, Besok 50 Ribu Buruh Gelar Aksi Tolak Omnibus Law

Beberapa tempat tersebut antara lain, di depan Kantor Organisasi Buruh Internasional atau ILO di Jalan MH Thamrin, sekitar kawasan Patung Kuda dan gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat.

Di sisi lain, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawalan kepada buruh mulai dari titik kumpul hingga aksi selesai.

Setidaknya akan ada 6.394 personel gabungan TNI-Polri yang akan diterjunkan untuk mengawal unjuk rasa para buruh besok.

"Jika ada pelanggaran, kami lakukan upaya preventif," kata Sambodo.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved