Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Kubu Rizieq Shihab Bawa Saksi Meringankan di Sidang Kerumunan Senin Pekan Depan

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan sidang tersebut beragendakan pemeriksaan saksi dari pihak Rizieq Shihab.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Bima Putra
Tayangan sidang kasus kerumunan warga di Petamburan dan Megamendung beragenda pemeriksaan saksi ahli dari JPU dalam kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (29/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur bakal menggelar sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan Muhammad Rizieq Shihab pada Senin (3/5/2021).

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan sidang tersebut beragendakan pemeriksaan saksi dari pihak Rizieq Shihab.

"Agendanya pemeriksaan saksi meringankan dan ahli dari terdakwa atau penasihat hukumnya untuk perkara nomor 221, 222, dan 226," kata Alex saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (30/4/2021).

Perkara nomor 221 berkas untuk Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan warga di Jalan KS Tubun, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada November 2020 lalu.

Perkara nomor 222 merupakan berkas kasus yang sama dengan terdakwa H. Haris Ubaidillah, H. Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Alias Idrus Al Habsyi, dan Maman Suryadi.

Perkara nomor 226 merupakan berkas untuk Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung, Bogor pada November 2020 lalu.

Sidang mendatang lanjutan dari Kamis (29/4/2021) saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan dua saksi fakta dan empat saksi ahli guna membuktikan dakwaan mereka.

Anggota tim kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar menuturkan pihaknya belum bisa memastikan sosok dan berapa saksi yang bakal dihadirkan dalam sidang mendatang.

Baca juga: Habib Rizieq Shihab Keberatan JPU Hadirkan Polisi jadi Saksi Ahli, Begini Alasannya

Baca juga: Putar Video Presiden Jokowi di Maumere, Hakim Tegur Kuasa Hukum Rizieq Shihab: Jangan Buang Waktu

Baca juga: Rizieq Shihab Pertanyakan Beda Kerumunan Maulid Nabi dan Pilkada

"Nanti kita akan cek lebih dulu siapa yang akan hadir pada Senin besok," ujar Aziz.

Dalam kasus Petamburan Rizieq didakwa menghasut warga datang pada kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan acara pernikahan putri keempatnya yang digelar pada 14 November 2020 lalu.

Saat kegiatan di Jalan KS Tubun, Kelurahan Petamburan itu diperkirakan sekitar 5.000 warga hadir, kerumunan ini membuat Rizieq dan lima terdakwa lain didakwa melanggar protokol kesehatan.

Di kasus Megamendung Rizieq didakwa melanggar protokol kesehatan karena kerumunan warga saat kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah.

Dalam kegiatan pada 13 November 2020 lalu diperkirakan sekitar 3.000 warga hadir menyambut Rizieq, kerumunan terjadi sejak wilayah Gadog hingga Megamendung lokasi pondok pesantren.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved