Breaking News:

Info Tekno

Begini Pentingnya Teknologi sebagai Kunci Pembangunan Berkelanjutan demi Melindungi Lingkungan

Pentingnya teknologi sebagai kunci pembangunan berkelanjutan dan gaya hidup rendah karbon demi melindungi lingkungan.

Freepik
Ilustrasi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Alibaba Group berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak teknologi rendah karbon guna semakin mengedepankan pembangunan yang berkelanjutan. 

Pada laporan pengurangan emisi karbon tahun 2021 berjudul “Moving Forward to a Zero-Carbon Era” inisiatif teknologi Alibaba Group untuk mempromosikan gaya hidup ‘hijau’ dan rendah karbon, melindungi lingkungan, dan mencapai keberlanjutan, menjadi salah satu sorotan utama.

“Guna mencapai netralitas karbon, teknologi inovatif dibutuhkan sehingga cara kita bekerja, hidup, dan berkolaborasi dapat berubah secara berkelanjutan. Alibaba Group berkomitmen penuh untuk menuju ke arah ini, dan kami sedang mengerjakan roadmap teknologi Alibaba Group yang diharapkan dapat menciptakan kehidupan yang lebih berkelanjutan."

"Namun tentunya kami juga percaya bahwa masa depan rendah karbon membutuhkan upaya kolektif, itulah sebabnya kami juga bekerja sama dengan mitra industri dan masyarakat luas untuk menerapkan berbagai inisiatif ‘hijau’, ” ujar Li Cheng, Chief Technology Officer, Alibaba Group dalam keterangannya pada Kamis (6/5).

Untuk pertama kalinya, Alibaba Group mengumumkan tiga inisiatif utamanya dalam mengevaluasi inovasi teknologi:

Pertama, perusahaan akan melakukan upaya pengurangan emisi karbon; Kedua, Alibaba akan mempromosikan kolaborasi antar perusahaan platform dan industri sejenis; dan yang tak kalah pentingnya, perusahaan akan memanfaatkan platformnya untuk meminta dukungan dari ratusan juta konsumen.

Keberlanjutan telah menjadi fokus dunia.

Baca juga: Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, Lengkap dengan Alur Tahapan Tes hingga Formasi Pusat dan Daerah

Di pasar dalam negeri Alibaba sendiri, Tiongkok diperkirakan akan mencapai puncak emisi karbonnya pada tahun 2030 dan melalui upaya pembatasan, Tiongkok akan mencapai netralitas karbon pada tahun 2060.

Dalam beberapa tahun terakhir, Alibaba Group telah menggunakan teknologi inovatif untuk mengurangi emisi karbon pada seluruh bisnisnya.

Pusat data cloud computingnya di Hangzhou  telah dilengkapi dengan klaster server berpendingin cairan terbesar di dunia, yang menghemat 70 juta kilowatt-jam listrik setiap tahun.

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved