Breaking News:

Libur Lebaran, Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Mengalami Penurunan Omzet Hingga 50 Persen

Pedagang mainan di Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur mengeluhkan penurunan omzet dagang pada libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Orangtua yang datang ke Pasar Gembrong membelikan mainan untuk anaknya di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (14/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pedagang mainan di Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur mengeluhkan penurunan omzet dagang pada libur Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ummi (50), satu pedagang mainan di Pasar Gembrong mengatakan hingga H+1 Idul Fitri 1442 Hijriah tidak ada lonjakan pembeli sebagaimana pada libur Lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

"Sepi, kalau untuk penurunan omzet di atas 50 persen. Masih lebih ramai lebaran tahun 2020 lalu walaupun sama-sama masih pandemi Covid-19," kata Ummi di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya penurunan omzet dagang karena banyak warga yang penghasilannya berkurang atau hilang terdampak pandemi Covid-19 sehingga mengurangi pengeluaran belanja.

Dia mencontohkan banyak warga terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19 dan hingga kini belum mendapat pekerjaan baru sehingga tak punya penghasilan.

"Kalau secara harga mainan sih enggak naik, tapi karena zaman lagi susah begini jadi mengurangi belanja. Harga enggak kita naikkin saja pembeli masih sepi dan nawar kalau belanja," ujarnya.

Jamal (25), pedagang mainan lain di Pasar Gembrong juga mengeluhkan penurunan omzet dagang hingga lebih dari 50 persen bila dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2020.

Bila pada libur Idul Fitri 2020 lalu toko mainannya di Jalan Jenderal Basuki Rachmat ramai dikunjungi orangtua yang datang membeli mainan untuk anak-anak mereka, kini kondisi justru sepi.

"Lebaran tahun lalu toko dari pagi sampai malam enggak pernah sepi, pembeli banyak. Saking banyaknya pembeli toko yang biasanya tutup pukul 21.00 WIB buka sampai pukul 00.00 WIB. Sekarang mah boro-boro ramai," tutur Jamal.

Baca juga: Pasar Gembrong Masih jadi Surga Belanja Mainan Anak Bagi Warga Jakarta

Baca juga: Diduga Korsleting Listrik, Rumah Dua Lantai di Pesanggrahan Jakarta Selatan Terbakar

Baca juga: Curhat Pedagang Pasar Gembrong, Jual Mobil Demi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved