Antisipasi Virus Corona di DKI

1 Warga Klaster Covid-19 RT di Ciracas kembali Dinyatakan Sembuh, Penurunan Kasus Mulai Terlihat

Kasus Covid-19 aktif di permukiman warga RT 06/RW 03, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur yang kini memberlakukan mikiro lockdown kembali menur

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Suasana di RT 03 RW 03 Jakarta Timur saat mikro lockdown usai ratusan warga terkonfirmasi positif Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Kasus Covid-19 aktif di permukiman warga RT 06/RW 03, Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur yang kini memberlakukan mikiro lockdown kembali menurun.

Bila hingga Selasa (1/6/2021) siang tercatat masih ada empat warga RT 06/RW 03 terkonfirmasi Covid-19 dengan rincian tiga dirawat di RS Wisma Atlet dan satu isolasi mandiri di rumah.

TONTON JUGA

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan malam ini satu warga RT 06/RW 03 yang menjalani isolasi mandiri di RS Darurat Wisma Atlet dinyatakan sembuh berdasar hasil uji swab PCR.

"Hari ini ada yang pulang lagi satu orang, jadi yang isolasi di Wisma Atlet tinggal dua orang. Untuk yang dua lainnya besok diswab PCR akhir di Wisma Atlet," kata Rikia saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (1/6/2021).

Sementara untuk satu warg yang menjalani isolasi mandiri di rumah berdasar pertimbangan Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas kini masih dalam pemantauan ketat.

Suasana mikro lockdown di RT 03 RW 03 Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (31/5/2021).
Suasana mikro lockdown di RT 03 RW 03 Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (31/5/2021). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Meski terjadi penurunan kasus Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas belum bisa memastikan pemberlakuan mikro lockdown yang berakhir pada Rabu (2/6/2021) diperpanjang atau tidak.

"Besok kita lakukan rapat evaluasi, kita sepakati dulu dengan Satgas Covid-19 RW dan RT. Rapat evaluasi yang dijadwalkan malam ini ditunda, ditunda besok. Besok rapat di lokasi (permukiman warga RW 03)," ujarnya.

Baca juga: Sempat Berhenti Beroperasi, Trans Patriot Akhirnya Kembali Angkut Penumpang

Baca juga: Persija Berburu Pemain Baru, Ini Bocoran Posisi Pemain yang Akan Direkrut:Kualitas di Atas Rata-rata

Baca juga: Ditinggal Mengambil Helm di Rumah, Motor Warga Jatinegara Dibawa Kabur Maling

Sebagai informasi akumulasi kasus Covid-19 di permukiman warga RT 06/RW 03 selama pemberlakuan mikro lockdown atau pengendalian ketat berskala lokal (PKBL) tercatat sebanyak 36 kasus.

Namun berkat upaya Satgas Covid-19 Kecamatan Ciracas jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 menurun secara bertahap sehingga kini total kasus aktif mencapai tiga kasus.

Dari hasil penyelidikan epidemiologi Puskesmas Kecamatan Ciracas penularan Covid-19 di permukiman RT 06/RW 03bberawal saat warga membawa tetangga mereka yang sakit berobat ke RS.

TONTON JUGA

Setelah mengetahui tetangga mereka yang bawa berobat ke RS terkonfirmasi Covid-19 warga yang melakukan kontak erat melakukan tes swab.

Hasilnya ditemukan penularan Covid-19.

Ketua RW 03 Sugiman mengatakan warganya berharap mikro lockdown yang berakhir pada Rabu (2/6/2021) tidak diperpanjang karena kini sudah terjadi penurunan kasus aktif Covid-19.

Baca juga: Persija Berburu Pemain Baru, Ini Bocoran Posisi Pemain yang Akan Direkrut:Kualitas di Atas Rata-rata

"Itu (kasus aktif Covid-19) kan sudah di bawah lima, sudah menjadi (kategori penyebaran Covid-19) zona orange. Jadi kita berharap tidak diperpanjang," tutur Sugiman.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved