Breaking News:

5 Cara Agar Listrik di Rumah Anda Lebih Hemat, Jangan Lupa Matikan Lampu

Menghemat listrik berarti Anda bisa menghemat uang dan mengurangi emisi karbon hasil dari pembakaran energi yang tidak ramah lingkungan.

Tribunnews/Jeprima
Warga melakukan pengecekan token listrik prabayar di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (1/4/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Tagihan listrik di rumah Anda membengkak? Coba lakukan cara-cara berikut untuk menghemat tagihan listrik bulanan.

Menghemat listrik berarti Anda bisa menghemat uang dan mengurangi emisi karbon hasil dari pembakaran energi yang tidak ramah lingkungan. Dengan begitu, artinya Anda bertanggung jawab sebagai penduduk bumi untuk mengurangi perubahan iklim global.

Menangani perubahan iklin global merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) yang disusun oleh United Nations. SDGs nomor 13 berisi tentang menangani perubahan iklim global.

Baca juga: Diduga Korsleting, Kabel Listrik di Jalan Abdul Madjid Cipete Utara Terbakar

Dilansir dari Harvard University, berikut adalah beberapa cara untuk hemat tagihan listrik bulanan yang bisa Anda lakukan di rumah.

Matikan komputer Anda

Cara hemat tagihan listrik bulanan yang pertama adalah mematikan perangkat komputer dan perangkat elektronik lain di rumah yang sudah tidak terpakai. Pasalnya, komputer adalah salah satu benda elektronik yang terus menggunakan energi listrik. Pada malam hari, biasakan untuk mematikan komputer atau laptop Anda.

Menggunakan screensaver akan membuat komputer atau laptop Anda mengonsumsi banyak energi listrik yang sia-sia. Komputer generasi sekarang tahan dinyalakan dan dimatikan hingga lebih dari 40.000 kali. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mematikan komputer Anda pada malam hari atau saat tidak digunakan.

Gunakan lampu LED

Cara hemat tagihan listrik bulanan yang kedua adalah menggunakan lampu LED. Salah satu penggunaan penting energi listrik adalah untuk pencahayaan.

Menggunakan lampu LED sangat signifikan untuk mengurangi konsumsi listrik hingga 75% dibandingkan dengan bohlam biasa. Selain itu, lampu LED tahan lebih lama hingga 25 kali dibandingkan dengan bohlam biasa.

Baca juga: Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Program Stimulus PLN, Siapkan Nomor ID Pelanggan lalu Whatsapp

Halaman
12
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved