Breaking News:

Pengembang Grand Kota Bintang Bekasi Diminta Segera Lakukan Pengembalian Alih Fungsi Sungai

Kepala Dinas Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Arief Maulana mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat dengan pengembang dan Kementerian PUPR

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kunjungan Menteri ATR dan Menteri PUPR di Grand Kota Bintang Bekasi pada, 27 Januari 2021 lalu dalam rangka penanganan banjir. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI BARAT - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendesak pengembang kawasan komersil Grand Kota Bintang segera lakukan pengembalian alih-fungsi sungai, hal ini sebagai tindak lanjut penanganan banjir daerah aliran sungai (DAS) Kali Cakung.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Arief Maulana mengatakan, pihaknya telah menggelar sejumlah rapat dengan pengembang dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jadi tindak lanjut dari kunjungan Menteri  ATR (Agraria dan Tata Ruang), serta Menteri PUPR, terkait dengan penanganan banjir DAS Kali Cakung," kata Arief, Sabtu (5/6/2021).

Hasil dari kunjungan itu lanjut Arief, pengembang Grand Kota Bintang telah melakukan pelanggaran tata ruang dengan memindahkan aliran air DAS Kali Cakung.

Pemindahan aliran air ini bertujuan, guna memaksimalkan lahan untuk kepentingan pembangunan kawasan komersil lalu berdampak pada penyempitan sungai.

Baca juga: Pemprov DKI Tak Mau Buru-buru Buka Sekolah Meski Didesak Menteri Nadiem

Baca juga: Puluhan Warga RT 11 RW 09 Kayu Putih Jalani PCR Massal, Akibat Kontak Erat dengan Pasien Terpapar

Baca juga: Wakil Gubernur DKI Tegaskan Ganjil Genap Belum Akan Diterapkan di Jakarta

"Adapun upaya dari Pemkot Bekasi segera lakukan tindak lanjut dengan melakukan rapat pembahasan dan konsultasi teknis dengan instansi terkait serta melibatkan pihak PT Kota Bintang Rayatri (pengembang)," jelasnya.

Setelah rapat teknis, pengembang Grand Kota Bintang wajib mengembalikan aliran air DAS Kali Cakung agar fungsinya kembali seperti semula.

Pemkot Bekasi kata Arief, sudah menyurati PT Kota Bintang Rayatri agar segera melakukan kegiatan pengembalian fungsi sungai DAS Kali Cakung.

"Pemkot Bekasi telah menyurati PT Kota Bintang Rayatri agar segera melaksanakan pemulihan fungsi alur sungai cakung di Kawasan Grand Kota Bintang," kata Arief.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved