Info Kesehatan

Kasus Covid-19 Melonjak, Waspadai 15 Gejala Virus Corona, Hati-hati Jika Alami Sakit Tenggorokan

Kasus infeksi virus Covid-19 di Indonesia melonjak lagi. Untuk itu kamu perlu mewaspadai 15 gejala virus corona, termasuk jika sakit tenggorokan.

Penulis: Kurniawati Hasjanah | Editor: Siti Nawiroh
Freepik
Ilustrasi Virus Covid. Waspadai 15 Gejala Virus Corona, Hati-hati Jika Alami Sakit Tenggorokan. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kasus infeksi virus corona Covid-19 di Indonesia melonjak lagi dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu kamu perlu mewaspadai 15 gejala virus corona, termasuk jika mengalami sakit tenggorokan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, selama sepekan terakhir, Jakarta mengalami kenaikan penyebaran yang signifikan.

"Kita menyaksikan pertambahan kasus Covid-19 dengan lonjakan yang amat tinggi. Satu minggu terakhir, kasus aktif di Jakarta tanggal 6 Juni berjumlah 11.500. Hari ini menjadi 17.400," terang Anies Baswedan.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan, kasus Covid-19 meningkat sebanyak 50%. Angka positive rate juga kian meningkat.

"Dalam waktu 1 minggu mengalami pertambahan 50%, postivity rate juga meningkat, yang minggu lalu 9%, hari ini 17%," tegas Anies Baswedan.

Untuk itu, Anies meminta seluruh komponen masyarakat harus turut ikut campur dalam pendisiplinan tersebut. Dia juga menegaskan kepada jajaran pemerintahan dan aparat penegak hukum untuk bertindak lebih tegas.

Baca juga: Syarat Foto dan Ketentuan Pendaftaran CPNS 2021, Perhatikan Baik-baik Agar Tak Salah

"Kita semua sama-sama ambil tanggung jawab. Petugas kita akan mengingatkan dan menegakkan aturan dan sanksi amat tegas. Kita tidak akan kompromi terhadap pelanggar yg mengambil sikap tidak bertangung jawab di masa pademi ini," aku Anies Baswedan.

Adapun dilansir TribunJakarta dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat beberapa gejala awal orang yang terpapar virus Covid-19.

Terdapat gejala ringan seperti sakit tenggorokan, batuk kering hingga sesak napas.

Berikut 15 gejala Covid-19 yang harus kamu waspadai:

Baca juga: Diterima SBMPTN 2021 di Universitas Indonesia? Catat Panduan Lengkap dan Syarat Registrasi

1. Delirium

Delirium adalah gejala mental yang membuat penderitanya mengalami kebingungan berat dengan kesadaran berkurang akibat terganggunya sistem saraf pusat.

Biasanya gejala COVID-19 ini muncul pada kelompok lanjut usia.

Menurut Peneliti dari University of Catalonia, Javier Correa, Delirium adalah keadaan kebingungan di mana seseorang merasa tidak terhubung dengan kenyataan, seolah sedang mimpi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved