Breaking News:

Tempat Percetakan Alquran di Cakung Terbakar, Damkar Kerahkan 11 Unit Mobil Pompa

Satu tempat percetakan di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terbakar

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Personel Damkar Jakarta Timur saat proses pemadaman di percetakan Alquran di Cakung, Rabu (16/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Satu tempat percetakan di kawasan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terbakar pada Rabu (16/6/2021).

Perwira Piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Kuslani mengatakan kebakaran pada percetakan berlantai tiga itu dilaporkan sekira pukul 18.45 WIB.

"Ini adalah tempat produksi dan termasuk udang produksi percetakan percetakan Alquran. Objek yang terbakar di lantai tiga tempat produksi," kata Kuslani di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (16/6/2021).

Berdasar keterangan sementara pegawai percetakan, saat kejadian terdapat empat pekerja yang sedang melakukan kegiatan produksi percetakan menggunakan mesin berbahan bakar disel.

Dari mesin disel digunakan itu diduga terjadi korsleting sehingga menimbulkan penyalaan api yang dalam waktu singkat merembet karena tumpukan material kertas di lantai tiga.

Baca juga: Dirut JICT Bantah Proses Bongkar Muat Diperlambat Pascapenangkapan Pelaku Pungli

"Kemungkinan timbulnya api dari arus listrik mesin yang digunakan. Untuk korban tidak ada, para pegawai berhasil menyelamatkan diri. Kita kerahkan 11 unit mobil pompa melakukan pemadaman," ujarnya.

Kuslani menuturkan titik api yang berada di lantai tiga membuat pemadaman yang dilakukan dari bagian luar tidak efektif sehingga personel Damkar Jakarta Timur harus naik ke lantai tiga lokasi titik api.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Tempat Isolasi Mandiri di Kota Tangerang Sudah Terisi 98 Persen

Menggunakan tabung oksigen berkapisatas 200 bar perlengkapan evakuasi secara bergantian personel Damkar Jakarta Timur naik ke lantai tiga melalukan pemadaman api.

"Sekarang kita masih pemadaman, tapi sudah di tahap pendinginan. Masih ada beberapa titik api yang menyala. Untuk total kerugian materil sekarang belum bisa diperkirakan," tuturnya.

Baca juga: Tak Setuju DKI Tarik Rem Darurat, Pimpinan DPRD: Kita Enggak Punya Duit Danai Sektor Kesehatan

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, hingga pukul 20.29 WIB jajaran Damkar Jakarta Timur masih berupaya melakukan pemadaman pada tempat percetakan merangkap gudang Alquran.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved