Adhyaksa Beri Surat Terbuka ke Jokowi, Teringat Perjuangan Markis Kido hingga Usulkan 3 Poin Ini

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault memberikan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial Facebooknya.

Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Mantan Menpora RI Adhyaksa Dault bersilaturahmi menyambangi rumah dinas Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault memberikan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo melalui akun media sosial Facebooknya.

Dalam surat tersebut, Adhyaksa menceritakan tentang perjuangan pebulu tangkis Markis Kido dan Hendra Setiawan di Olimpiade Beijing 2008.

Hingga akhirnya, Adhyaksa memberikan tiga poin usulan kepada Jokowi terkait sosok yang berhasil mengharumkan nama Indonesia.

"Surat terbuka kepada Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Oleh Adhyaksa Dault," begitu awal mula Adhyaksa membuka isi suratnya dikutip TribunJakarta.com, Jumat (18/6/2021).

Assalamualaikum wr. wb. Semoga Bapak Jokowi dan seluruh masyarakat Indonesia selalu sehat walafiat, aamiin," sambungnya.

Baca juga: Sambil Ditunggu Polisi, Pria Pembacok Tetangga Pamitan ke Anak: Ayah Lama Pulangnya, Baik-baik Ya

Sehari setelah Markis Kido meninggal dunia, Adhyaksa mengaku melihat kembali video perjuangan almarhum ketika bertanding di Olimpiade Beijing 2008.

"Pada Selasa malam (15/6) saya kembali menonton video perjuangan Almarhum Markis Kido dan Hendra Setiawan saat final bulu tangkis ganda putra di Olimpiade Beijing 2008, di mana pada saat itu saya menjabat sebagai Menpora RI.

Ketika Gim pertama, Markis Kido/Hendra Setiawan kalah 12-21, Gim kedua pasangan merah putih ini bangkit dan menang 21-11, dan gim ketiga Markis Kido/Hendra Setiawan menang 21-16. Markis Kido/Hendra Setiawan kemudian menyalami dan memberi hormat pada lawannya Cai Yun/Fu Haifeng," tulisnya.

Adhyaksa mengaku sempat meneteskan air mata ketika melihat Markis Kido dan Hendra Setiawan berhasil meraih mendali emas.

Tak hanya itu, Adhyaksa ikut merasa bangga melihat bendera merah putih naik ke atas.

Menurutnya, apa yang dilakukan Markis Kido dan Hendra Setiawan tidaklah mudah.

Baca juga: Boy William Beri Pertanyaan Sensitif Soal Afgan, Rossa Panik Pilih Jawab Singkat: Itu Rahasia!

"Menetes air mata melihat Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil meraih emas, dan bendera merah putih naik ke atas, sungguh tidak mudah mengalahkan pasangan tuan rumah.

Bapak Jokowi yang saya hormati. Seperti kita ketahui, Olimpiade merupakan kompetisi olahraga tertinggi, terbesar dan terkemuka di dunia. Perjuangan bersejarah Markis Kido/Hendra Setiawan telah membuat seluruh dunia yakin serta mengakui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa terkuat di cabang olahraga bulu tangkis.

Perjuangan besar Markis Kido/Hendra Setiawan dan juga para peraih Medali dalam Olimpiade membuat seluruh masyarakat Indonesia jadi bangga ditakdirkan sebagai warga negara Indonesia. Mereka bukan saja olahragawan namun juga pahlawan," tutur Adhyaksa.

Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia.
Legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido meninggal dunia. (Instagram @badminton.ina)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved