Breaking News:

Dongkrak Perekonomian Nasional, Johan Desak Pemerintah Prioritaskan Sektor Peternakan

Padahal menurutnya, permintaan produk peternakan cenderung meningkat setiap tahun.

Editor: Wahyu Aji
Anggota DPR RI, Johan Rosihan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI, Johan Rosihan menilai upaya pemerintah selama ini belum berhasil memacu produksi ternak dalam negeri.

Padahal menurutnya, permintaan produk peternakan cenderung meningkat setiap tahun.

Permintaan konsumsi daging sapi potong terus meningkat dan telah melampaui kemampuan produksi daging sapi dalam negeri saat ini.

"Saya prihatin dengan jumlah impor yang terus meningkat dimana kebutuhan konsumsi daging sekitar 65 persen dipenuhi dari produk impor dan setiap tahun selalu mengalami peningkatan," kata Johan di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Legislator yang duduk di Komisi IV DPR RI ini menegaskan, pemerintah harus mampu meningkatkan kesejahteraan peternak dengan membantu peternak rakyat meningkatkan produktivitasnya.

"Saya mengusulkan agar pemerintah menyiapkan program untuk meningkatkan kualitas sumber daya peternakan lokal serta membantu peternak dalam hal pola dan pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan. Serta membantu permodalan dan metode produksi ternak yang lebih maju, sesuai dengan kondisi lingkungan," tegasnya.

Menurutnya, kebijakan pembangunan peternakan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.

"Jadi saya mendesak pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap nasib dari 13,56 juta rumah tangga peternak. Agar mereka memiliki produktivitas dengan jumlah kepemilikan ternak yang signifikan," ujarnya.

Johan berharap pemerintah memberikan prioritas pada sektor peternakan untuk berperan penting dalam perekonomian nasional.

Sebab, sambungnya, peternakan memiliki peranan yang strategis dalam pemantapan ketahanan pangan hewani dan sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Saya mendorong pemerintah memiliki skema untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di tanah air, dan tolong hentikanlah ketergantungan impor dari negara lain," katanya.

Johan meminta pemerintah segera bekerja keras menyediakan benih dan bibit yang berkualitas, meningkatkan produksi ternak untuk memenuhi kebutuhan nasional, melakukan standarisasi bantuan ternak serta mendorong pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) yang sesuai standar.

"Saya minta program dan anggaran kedepan diprioritaskan untuk meningkatkan produksi ternak terutama sapi, kerbau dan domba. Karena memiliki produktivitas tinggi demi meningkatkan kesejahteraan peternak," kata Johan.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved