Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Bantu Pemulasaran Jenazah Covid-19, Pemkot Jaksel Siagakan 76 Petugas di 10 Kecamatan

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyiagakan petugas untuk membantu pemulasaran jenazah Covid-19 di setiap kecamatan.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
Dokumentasi Puskesmas Kecamatan Duren Sawit
Ilustrasi proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19 - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyiagakan petugas untuk membantu pemulasaran jenazah Covid-19 di setiap kecamatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyiagakan petugas untuk membantu pemulasaran jenazah Covid-19 di setiap kecamatan.

Asisten Kesejahteraan Kota Jakarta Selatan Sayid Ali mengatakan, petugas pemulasaran jenazah yang disiagakan yaitu sebanyak 76 orang.

"Mengingat Covid-19 merupakan penyakit menular, para petugas dibekali dengan APD (alat pelindung diri) lengkap," kata Sayid dalam keterangan tertulis yang diterima TribunJakarta.com, Jumat (2/7/2021).

Menurut dia, para petugas tersebut telah mendapat pelatihan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tentang tata cara penanganan jenazah Covid-19.

Selain itu, Sayid menuturkan Dinkes DKI Jakarta telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) terkait proses pemulasaran jenazah Covid-19.

Tim Khusus (Timsus) Pemulasaran Ditsamapta Polda Metro Jaya melakukan pemulasaran jenasah korban Covid-19 yakni perempuan berusia 70 tahun yang meninggal dunia di rumahnya di Jalan Petamburan, Kelurahan Petamburan, Kecamatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (18/4/2020) sore. Hingga kini sudah 3 jenazah yang diurus.
Tim Khusus (Timsus) Pemulasaran Ditsamapta Polda Metro Jaya (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

"Dalam pelaksanaan tugasnya, para petugas akan didampingi anggota puskesmas kecamatan setempat," ujar dia.

"Person in charge (PIC) nya  wakil camat selaku koordinator Posko PPKM Mikro tingkat kecamatan," tambahnya.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Kasudin Kesehatan Jaksel Ingatkan Warga Waspada Penyakit DBD

Di sisi lain, ia mengungkapkan terdapat bantuan ratusan mobil ambulans yang diberikan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta.

"DMI juga siap membantu armada mobil ambulans sebanyak 237 unit. Terus ada juga bantuan dari Baznas Provinsi DKI Jakarta seperti biaya transport, insentif sopir dan relawan, baju APD, serta mobil ambulans," pungkas Sayid.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved