Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Sentra Vaksinasi Covid-19 di Kantor Kelurahan Ciracas Sasar Warga Pendatang

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan penambahan sentra vaksinasi tersebut dibuka guna menjangkau warga pendatang di wilayahnya

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
Dokumentasi Kelurahan Ciracas
Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 di kantor Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Banyaknya pendatang atau warga bukan ber-KTP DKI Jakarta membuat Satgas Covid-19 Kelurahan/Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur menambah sentra vaksinasi massal Covid-19.

Terhitung Rabu (14/7/2021) kantor Kelurahan Ciracas dibuka jadi sentra vaksinasi massal Covid-19 guna menjangkau warga pendatang yang bukan ber-KTP DKI Jakarta.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan penambahan sentra vaksinasi tersebut dibuka guna menjangkau warga pendatang di wilayahnya yang jumlahnya mencapai ribuan jiwa.

"Karena di Ciracas ini banyak pekerja pabrik yang mengontrak makanya kita permudah mereka untuk bisa divaksin. Jadi cukup datang membawa surat keterangan domisili dari RT/RW dilayani," kata Rikia di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (14/7/2021).

Para warga pendatang yang mengontrak tersebut umumnya merupakan pegawai pabrik besar di wilayah sekitar Kelurahan Ciracas seperti PT NGK, PT Mustika Ratu, dan PT Khong Guan.

Dari tahun ke tahun umumnya para pendatang pekerja pabrik hingga pedagang pasar tiba di Jakarta lalu mengontrak di wilayah Kelurahan Ciracas selepas hari raya Idulfitri.

"Selain menyasar pendatang vaksinasi di kantor Kelurahan Ciracas ini juga bisa diikuti anak usia minimal 12 tahun ke atas. Vaksinasi di kantor Kelurahan ini melayani penyuntikan dosis satu," ujarnya.

Rikia menuturkan sentra vaksinasi massal Covid-19 untuk warga luar KTP DKI Jakarta tidak hanya terdapat di kantor Kelurahan Ciracas, tapi juga di GOR Ciracas, PT Mustika Ratu.

Baca juga: Wanita Pencuri Mobil dengan Modus Kencan dan Kopi Bius Sudah 8 Kali Beraksi dalam 5 Bulan

Baca juga: Kasudin KPKP Jakarta Utara: Ribuan Hewan Kurban di Jakarta Utara Dinyatakan Sehat

Baca juga: Seorang Wanita Melahirkan di Dalam Bus AKAP, RS Adhyaksa Ungkap Kondisi Ibu Bayi

Namun guna memudahkan warga menjangkau dan mencegah penumpukan peserta vaksinasi di satu lokasi sentra vaksinasi massal Covid-19 kini ditambah di kantor Kelurahan Ciracas.

"Vaksinasi di kantor Kelurahan ini dibuka mulai hari ini sampai tanggal 16 Juli 2021 dengan target 200 orang per hari dengan jam pelayanan dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Di hari pertama dibuka ini target 200 orang tercapai," tuturnya.

Rikia mengatakan pelaksanaan vaksinasi di kantor Kelurahan ini bekerja sama dengan PT TGU, Klinik Bhakti Utama Medika, dan Polsek Ciracas sehingga tim vaksinator terdiri dari tim gabungan.

Bagi warga ber-KTP DKI Jakarta yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19 di kantor Kelurahan Ciracas cukup datang membawa fotokopi KTP dan menunggu giliran antre seperti biasa.

"Sekarang di Kelurahan Ciracas ada empat sentra vaksinasi massal Covid-19. Di GOR Ciracas, PT Mustika Ratu, SMPN 106, dan kantor Kelurahan. Ke depannya kan terus kita tambah untuk mencapai target herd immunity Covid-19," lanjut Rikia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved