Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Klaim Kasus Menurun, Wali Kota Bekasi Belum Tetapkan PPKM Level 4 di Wilayahnya

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi belum menetapkan PPKM Level 4 di wilayahnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
(KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)
PPKM Level 4, Istilah Baru Pengganti PPKM Darurat 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi belum menetapkan PPKM Level 4 di wilayahnya.

Rahmat Effendi mengklaim kasus sebaran Covid-19 mulai menurun.

"Sekarang kita belum tentu di Level 4 kok, dengan kondisi yang ada sekarang," kata Rahmat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Rabu (21/7/2021).

Meski begitu, situasi yang mengikat saat ini tetap berpedoman pada kebijakan PPKM Darurat. Kegiatan usaha, aktivitas publik non-esensial dan kritikal dilarang beroperasi.

Rahmat mengaku, pihaknya masih akan mengevalusasi terlebih dahulu bagaimana menyikapi aturan yang ditetapkan Pemerintah Pusat terkait PPKM Level 4.

"Dari grafik yang ada sudah turun (kasus Covid-19), hanya ingin menempatkan di levelnya ini setelah diputuskan tidak lagi menjadi darurat tapi berdasarkan level 1, 2, 3, 4 ini yang sedang kita olah, kita pas nya di level mana," jelas dia.

Dia merincikan, tingkat keterisian rumah sakit sejauh mulai mengalami penurunan, begitu juga dengan kasus kematian yang juga ikut menurun setelah pengetatan PPKM Darurat 3 - 20 Juli 2021.

"BOR (bed occupancy rate) 79 persen dihitung dari rata-rata, ICU kita 88 persen (tingkat keterisiannya), ICU RS swasta kita 65 persen," jelas dia.

Disamping itu, zona kerawanan di tingkat RT masih didominasi zona hijau dari total 7.844 RT se-Kota Bekasi.

"RT Zona hijau kita ada 5400an, zona merah kita nol, zona oranye ada 107 RT, kuning ada 1600 RT, artinya enggak jelek-jelek amat ada 60 persen RT kita masih zona hijau," jelasnya.

Berdasarkan data situs corona.bekasikota.go.id, angka kumulatif Covid-19 di Kota Bekasi hingga Rabu (21/7/2021) sebanyak 72.872 kasus terkonfirmasi.

Dari jumlah kumulatif itu, sebanyak 65.499 kasus dinyatakan sembuh, 6.420 masih dalam perawatan atau kasus aktif dan 953 kasus Covid-19 meninggal dunia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved