Breaking News:

MotoGP

Pengamat Sebut Sirkuit Mandalika di Lombok NTB Bakal Jadi Primadona Baru MotoGP

Pengamat otomotif, Arief Kurniawan, menilai Sirkuit Mandalika bisa menjadi primadona baru di dunia balapan khusunya MotoGP.

Editor: Suharno
DOK. WORLD SUPERBIKE
Proses pengerjaan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang akan digunakan untuk MotoGP Indonesia dan World Superbike. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pengamat otomotif, Arief Kurniawan, menilai Sirkuit Mandalika bisa menjadi primadona baru di dunia balapan khusunya MotoGP.

Pembangunan Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sedang dikebut untuk proses homologasi dari FIM atau Federasi Balap Motor Internasional.

Meski belum lolos homologasi dari FIM, Sirkuit Mandalika telah menjadi bagian dari penyelenggaraan World Superbike (WSBK) pada 14 November mendatang.

Kemudian gelaran MotoGP direncanakan berlangsung pada Maret 2022.

Baca juga: Bursa Prediksi Valentino Rossi Segera Pensiun, Simak Juga Jadwal MotoGP 2021 yang Terbaru

Sirkuit Mandalika berkonsep lintasan jalan raya dengan panjang 4,3 kilometer yang memiliki 17 tikungan.

Dengan dikelilingi panorama perbukitan dan laut di pesisir selatan pulau Lombok, Sirkuit Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalan raya di pentas MotoGP.

Di bagian paddock, akan dibangun 40 garasi dengan ruang konferensi pers di atasnya.

Mandalika Grand Prix Association, selaku operator sirkuit dan promotor, menjelaskan progres kumulatif pekerjaan konstruksi sudah mencapai 81,42 persen hingga pertengahan Juli ini.

Baca juga: Dani Pedrosa Bakal Kembali Bersama Red Bull KTM di Jadwal MotoGP 2021 Seri MotoGP Styria

Namun, ada beberapa pengerjaan yang hampir 100 persen selesai, di antaranya bagian run-off grass 95 persen, run-off gravel 99 persen, outer and inner service road 95 persen, tunnel and retaining wall di sisi utara 98 persen, dan pemasangan concrete barrier 99 persen.

"Realistisnya di sini nih, kalau melihat update itu memang (kesiapan sirkuit) masih jauh dari persyaratan karena paddock aja masih belum ada," kata Arief Kurniawan, dikutip dari BolaSport.com.

Pemred BOLA, Arief Kurniawan (kiri), menyerahkan trofi kepada anak Maulwi, Fatih Saelan (kanan)
Pemred BOLA, Arief Kurniawan (kiri), menyerahkan trofi kepada anak Maulwi, Fatih Saelan (kanan) (BOLA)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved