Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Wali Kota: Jika PPKM Diperpanjang, Kota Bekasi Idealnya Masuk Kategori Level 2

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, jika kebijakan PPKM Level 4 Jawa Bali diperpanjang, wilayahnya lebih ideal masuk kategori Level 2.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, jika kebijakan PPKM Level 4 Jawa Bali diperpanjang, wilayahnya lebih ideal masuk kategori Level 2. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, jika kebijakan PPKM Level 4 Jawa Bali diperpanjang, wilayahnya lebih ideal masuk kategori Level 2.

Kebijakan PPKM Level 4 berlaku dari 21 Juli hingga berakhir hari ini, 2 Agustus 2021. Sebaran kasus Covid-19 di Kota Bekasi menurut Rahmat, mulai melandai.

"Kita kan gini, kita itu kenapa level kita level 4, pertama adalah kasus kematian kita tinggi, yang kedua kasus aktifnya masih dianggap tinggi jika perbandingannya per 100.000 penduduk," kata Rahmat di Stadion Patriot, Senin (8/2/2021).

Namun sejauh ini, kasus kematian di Kota Bekasi lanjut dia, sudah mengalami penurunan serta angka kasus aktif juga mengalami hal yang sama.

Baca juga: PPKM Level 4 di Jakarta Berakhir Hari Ini, Wagub DKI Beri Bocoran: Kami Akan Ikuti

"Kalau kita lihat sudah dalam kondisi seperti ini artinya zona hijau tingkat RT sudah 94 persen, angka kematianya pun juga sudah 1,2 persen, total kesembuhannya 9.4 persen," jelas dia.

Menurut dia, jika merujuk pada data perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bekasi yang mengalami penurunan, tingkat kerawanan level kebijakan PPKM juga sudah sepatutnya diturunkan.

"Kalau di bilang level ya toh kondisi seperti ini, angka kesembuhannya 94 persen, sepertinya ya level dua itu sudah wajar, gitu, kalau level 4 seolah-seolah kita enggak bergerak," jelas dia.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meroket hingga Ribuan Per Hari, Dinkes Sebut karena Aturan Baru PPKM Level 4

Meski begitu, kebijakan PPKM tetap harus menunggu pengumuman Presiden Joko Widodo. Hari ini, dia berharap ada kepastian apakah kebijakan tersebut diperpanjang atau tidak.

"Kita inikan datanya jelas, faktanya jelas, makanya kita sampaikan pada Pak Menkes atas saran dari Pak Gubernur, tolong dibuat pelaporan kepada mereka," ucapnya.

Baca juga: Hari Terakhir PPKM Level 4 di DKI, Begini Kondisi Penyebaran Covid-19 di Jakarta: Kasus Aktif Turun

"Kita sudah bikin (laporan), persoalan nanti begitu diperpanjang kita kan belum tau nih diperpanjang atau tidak PPKM level, kita tunggu aja sampai pak presiden mengumumkan," tegasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved