Breaking News:

Menjaga Mental Tetap Sehat Selama Pandemi Covid-19, Anda Perlu Lakukan Hal Ini

Batasi penggunaan media sosial untuk memperoleh informasi yang belum jelas kebenarannya, dan pilihlah informasi dari sumber yang terpercaya.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Muhammad Zulfikar
ISTIMEWA/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi hidup sehat 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, tak hanya mengancam kesehatan fisik saja.

Keterbatasan aktivitas sosial, ekonomi, serta adanya ancaman penyakit di mana-mana juga berimbas pada kondisi psikologis setiap individu.

Banyak orang merasa lebih mudah cemas, panik, takut, khawatir, mudah marah, dan lebih sensitif selama berada di rumah saja.

Bila tidak dikendalikan, maka hal-hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Nauli Aulia Lubis mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai tanda waspada gangguan kesehatan mental pada seseorang.

Salah satunya, adalah perubahan perasaan atau mood yang dialami secara drastis.

"Menurut WHO, definisi kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya menunjukan seseorang itu mampu mengelola stres kehidupan yang wajar, kemudian bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mereka mampu berinteraksi di dalam komunitasnya. Memang kalau kita lihat apakah kita ada gejala gangguan mental, itu ada 5 hal yang harus diperhatikan. Pertama perasaan kita, atau mood kita. Kemudian juga adanya gangguan proses berfikir," kata dia dikutip dari sesi live instagram Rumah Sakit EMC @rs.emc, Selasa (3/8/2021).

Pada dasarnya, ia mengatakan bahwa kesehatan mental ialah dimana seseorang mampu mengelola stres yang wajar dalam kehidupannya.

Selain adanya perubahan mood, kata dr Nauli salah satu gejala lain yang perlu diwaspadai adalah adanya gangguan proses berfikir.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved