Antisipasi Virus Corona di DKI

Puskesmas Kramat Jati Prioritaskan Nakes yang Tangani Pasien Covid-19 Dapat Vaksin Booster

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau booster bagi tenaga kesehatan pada Jumat (6/8/2021)

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati saat mengikuti vaksinasi dosis tiga atau booster di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau booster bagi tenaga kesehatan mereka pada Jumat (6/8/2021).

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan vaksin booster yang bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh tenaga kesehatan ini bakal dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap awal, pelaksanaan booster yang menggunakan vaksin jenis Moderna Puskesmas Kecamatan Kramat Jati memprioritaskan tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19.

"Seperti tim analis (Labolatorium), swabber (petugas tes swab PCR), surveillance (petugas penelusuran kontak langsung), kemudian tim rujukan 24 jam, driver ambulans, kemudian tim poli batuk pilek," kata Inda di Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).

Alasannya setiap hari mereka melakukan kontak erat dengan banyak pasien sehingga lebih rentan terpapar Covid-19 saat bertugas dibanding tenaga kesehatan yang bertugas di bidang lain.

Inda mencontohkan dirinya sebagai kepala Puskesmas yang intensitas kontak dengan pasien Covid-19 lebih minim dibandingkan petugas swabber sehingga hari ini belum menerima vaksin booster.

"Seperti swabber dan tim surveillance Itu kan setiap harinya berhadapan dengan pasien yang berisiko terpapar Covid-19, kemudian tim vaksinasi juga berisiko. Jadi mereka hari ini didahulukan untuk penyuntikan dosis tiga," ujarnya.

Baca juga: Moeldoko Bantah Tudingan Pemerintah Diskriminatif Wajibkan Warga Suntik Vaksin Covid-19

Baca juga: Puskesmas di Jakarta Timur Mulai Vaksinasi Booster untuk Tenaga Kesehatan

Meski membagi jadwal peserta pelaksanaan berdasar skala prioritas, Inda memastikan seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati bakal mendapat vaksin booster.

Pihaknya juga sudah mengusulkan tenaga penunjang di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yang bertugas melayani warga dan berisiko terpapar Covid-19 mendapat vaksin booster.

Tercatat sebanyak 70 tenaga kesehatan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati mengikuti kegiatan vaksin booster pada hari pertama pelaksanaan kegiatan yang digelar di halaman Puskesmas.

"Kalau sesuai permintaan kami ke tingkat Sudin Kesehatan dan Dinas Kesehatan sejumlah tenaga kesehatan yang ada ditambah tenaga penunjang, seperti asisten dan lainnya, seluruh pegawai," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved