Persija Jakarta

Ternyata Ada Peran Band The Beatles Di Balik Lahirnya The Jakmania Suporter Persija Jakarta

Ternyata ada peran band legendaris asal Inggris, The Beatles dalam penamaan The Jakmania.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Yogi Jakarta
Instagram/@infokomjakmania
Pendukung Persija Jakarta, The Jakmania. Ternyata ada peran band legendaris The Beatles di balik penamaan The Jakmania. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ternyata ada peran band legendaris asal Inggris, The Beatles dalam penamaan The Jakmania.

Keberadaan The Jakmania sebagai basis suporter Persija Jakarta sudah dikenal di kancah sepak bola tanah air.

The Jakmania atau juga sering disebut Jakmania dikenal sebagai kelompok suporter fanatik dalam mendukung Macan Kemayoran.

Bahkan, Jakmania bersama Persija Jakarta telah menciptakan sejumlah rekor membanggakan.

Salah satunya ketika Persija tercatat sebagai tim dengan jumlah penonton terbanyak dalam tiga musim terakhir, yakni mulai musim 2017 hingga 2019.

Baca juga: Dear Jakmania, Dengari Nih 3 Pesan dari Ketua Umum Agar Persija Bisa Secepatnya Kembali Berlaga

Dari akumulasi tiga musim tersebut, sebanyak 1.176.534 orang tercatat hadir dalam 49 laga home Persija atau rata-rata sekitar 24.000 orang di setiap laga.

Namun mungkin tak banyak yang tahu bahwa nama The Jakmania itu ada kaitannya dengan band legendaris The Beatles.

Hal itu diungkapkan oleh sosok pendiri dan mantan ketua umum Jakmania, Tauhid Indrasjarief atau yang biasa disapa Bung Ferry ketika menjadi narasumber di akun Youtube Persija Jakarta.

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania membawa poster bertuliskan Bambang Pamungkas dan angka 20 (nomor punggung Bepe) saat Persija melawan Persebaya Surabaya pada laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019) malam. Laga tersebut merupakan laga resmi terakhir Bepe bersama Persija Jakarta setelah ia mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional. Dalam laga ini, Persija Jakarta harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 1-2.
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania membawa poster bertuliskan Bambang Pamungkas dan angka 20 (nomor punggung Bepe) saat Persija melawan Persebaya Surabaya pada laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019) malam. Laga tersebut merupakan laga resmi terakhir Bepe bersama Persija Jakarta setelah ia mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional. Dalam laga ini, Persija Jakarta harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 1-2. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Bung Ferry bercerita, perihal nama The Jakmania hal itu berawal ketika dirinya melihat ada spanduk bertuliskan Welcome The Jak di Stadion Menteng yang kala itu menjadi markas Persija Jakarta.

Bung Ferry yang kala itu penasaran kemudian menanyakan maksud tulisan itu kepada salah satu pengurus Persija Jakarta.

Rupanya Welcome The Jak itu diperuntukan untuk nama julukan baru bagi Persija Jakarta yang sebelumnya berjulukan Macan Kemayoran.

"Persija kan julukannnya Macan Kemayoran, nah ini pengen buat image yang baru.

The Jak dirasa lebih kekinian karena ada bahasa Inggris dan Jak itu dari kata Jakarta," papar Bung Ferry seperti dilansir Tribun Jakarta dari akun Youtube Persija Jakarta, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Cerita Ketum Jakmania Saat Gabung Fans Persija: Sempat Ditolak Sampai Nangis hingga Ibu Turun Tangan

Mengacu dari julukan baru itu, untuk suporter Persija Jakarta bisa disebut dengan nama Jakers, layaknya sebutan Gooners untuk para suporter Arsenal yang berjuluk The Gunners.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved