Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Syarat dan Cara Daftar Vaksinasi Moderna di Puskesmas Kramat Jati: Punya Penyakit Komorbid

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati merupakan satu-satunya yang ditunjuk melakukan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna bagi warga umum.

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jumat (20/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur mulai melakukan vaksinasi Covid-19 menggunakan jenis Moderna bagi warga umum pada Jumat (20/8/2021).

Dari 10 Puskesmas Kecamatan di Jakarta Timur, Puskesmas Kecamatan Kramat Jati merupakan satu-satunya yang ditunjuk melakukan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna bagi warga umum.

Sebelum ditetapkan untuk warga umum vaksin Covid-19 jenis Moderna ini hanya diperuntukkan dalam penyuntikan dosis tiga atau booster bagi tenaga kesehatan dan tenaga penunjang kesehatan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna yang memiliki efikasi 94,1 persen untuk warga umum bakal dilakukan secara bertahap.

"Kita akan laksanakan untuk dosis pertama ini paling lambat sampai 3 Oktober 2021. Memang kalau kuota terbatas, makannya ada ketentuan yang diatur dari Pemprov DKI Jakarta," kata Inda di Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (21/8/2021).

Ketentuan dimaksud merupakan kriteria warga umum penerima vaksin Covid-19 jenis Moderna berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Baca juga: Kota Bekasi Terima 362.700 Dosis Vaksin Pfizer

Yakni warga memiliki komorbid atau penyakit penyerta dan kendala medis lain yang dibuktikan dengan surat keterangan medis dari dokter, belum pernah menerima vaksin Covid-19 dosis satu.

Warga memiliki keperluan melakukan perjalanan ke negara yang mensyaratkan vaksin Moderna bagi warga asing, seperti pelajar yang hendak berkuliah di luar negeri dan ibu hamil memiliki komorbid.

"Kemudian berusia minimal 18 tahun ke atas, jika pernah terkonfirmasi Covid-19 maka sudah sembuh lebih dari 3 bulan. Vaksin Covid-19 Moderna ini juga hanya untuk warga ber-KTP atau berdomisili DKI Jakarta," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved