Breaking News:

Lapas Tangerang Terbakar

Teridentifikasi, 3 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan ke Keluarga

DVI menyerahkan tiga jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Provinsi Banten

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Proses penyerahan jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (11/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Tim Disaster Victim Identification (DVI) menyerahkan tiga jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang, Provinsi Banten pada Sabtu (11/9/2021).

Jenazah Kusnadi (44), Bustanil Arifin (50), dan Alfin (23) diserahkan setelah teridentifikasi berdasar pencocokan data antemortem dengan postmortem sampel sidik jari dilakukan Tim DVI.

Dalam proses penyerahan ini Tim DVI lebih dulu menyerahkan jenazah ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), selanjutnya baru diserahkan ke masing-masing ahli waris korban.

Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen PAS, Abdul Aris mengatakan pihaknya menyerahkan uang santunan sebesar Rp 30 juta kepada keluarga korban ditambah Rp 6 juta uang pemakaman.

Baca juga: Kobaran Api Merambat Perlahan, Ini Kesaksian Korban Selamat Kebakaran Lapas Tangerang

"Untuk pemakaman kami serahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga, kita hanya memfasilitasi maunya di mana. Kita memfasilitasi semua kebutuhan pemakaman," kata Aris di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (11/9/2021).

Sejumlah anggota keluarga korban yang datang tampak tidak kuasa menahan tangis saat melihat peti jenazah anggota keluarganya dibawa keluar dari ruang Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati.

Sedari proses penyerahan jenazah yang dimulai sekira pukul 10.33 WIB, anggota keluarga yang datang tampak saling merangkul dan menguatkan diri agar tidak larut dalam duka.

Baca juga: Tim DVI Masih Tunggu 3 Data Antemortem Korban Kebakaran Lapas Tangerang, 2 Di Antaranya WNA

Seorang perempuan paruh baya anggota keluarga Bustanil bahkan tampak memeluk peti jenazah sembari menangis saat jenazah hendak dibawa ke mobil ambulans sekira pukul 11.42 WIB.

Ketiga jenazah yang hari ini diserahkan merupakan bagian dari empat korban yang berhasil teridentifikasi Tim DVI berdasarkan pencocokan data sidik jari pada Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Kalahkan Persitara, Persib Bandung Berpeluang ke Puncak Klasemen

Jenazah Dian Adi Priyana (44) sebelumnya sudah diserahkan ke pihak keluarga pada Jumat sore, sehingga seluruh jenazah yang teridentifikasi kini telah diserahkan ke pihak keluarga korban.

"Untuk penyerahan jenazah kita menghubungi keluarga korban. Kita punya satuan tugas di masing-masing wilayah Indonesia. Alhamdulillah anggota keluarganya dapat dihubungi," ujar Aris.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved