Breaking News:

Lapas Tangerang Terbakar

Wamenkumham Serahkan Jenazah Korban Lapas Tangerang yang Teridentifikasi ke Pihak Keluarga

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Eddy Hiariej mendatangi Instalasi Forensik Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati,

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiriaej (tengah kemeja putih lengan pendek) menyerahkan jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang kepada pihak keluarga di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej mendatangi Instalasi Forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (15/9/2021).

Eddy datang guna menyerahkan jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang sudah didentifikasi Tim Disaster Victim Identification (DVI) ke pihak keluarga.

Didampingi jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dia menyerahkan jenazah Wayan Tirta Utama (36) yang sebelumnya teridentifikasi pada Senin (15/9/2021).

"Kami baru saja menyerahkan salah satu jenazah korban kebakaran di Lapas Tangerang. Kami menyerahkan juga uang santunan tali asih dari kami," kata Eddy di RS Polri Kramat Jati, Rabu (15/9/2021).

Uang santunan yang diserahkan ke setiap ahli waris narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yakni sebesar Rp 30 juta ditambah uang akomodasi pemakaman Rp 6 juta.

Dalam penyerahan jenazah ini Eddy menyerahkan dokumen administrasi yang menyatakan jenazah korban sudah teridentifikasi secara medis oleh Tim DVI dan surat kematian.

Baca juga: Periksa Kalapas Tangerang 10 Jam Terkait Kebakaran Maut, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

"Kami dari Kemenkumham mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya yang tak terhingga kepada Tim DVI, seluruh jajaran kedokteran forensik, dan berbagai lembaga yang membantu identifikasi," ujarnya.

Sebelum menyerahkan jenazah Wayan secara simbolis, Eddy yang datang sekira pukul 08.40 WIB sempat memasuki ruang Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati lokasi Posko Postmortem Tim DVI.

Dia juga sempat berbincang dengan Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Asep Hendradiana dan Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Arif Wahyono terkait proses identifikasi ke 41 jenazah.

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Eddy Hiraej saat proses penyerahan jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 di RS Polri Kramat Jati, Rabu (15/9/2021). 
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej (dua dari kanan) menyerahkan jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang kepada pihak keluarga di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (15/9/2021).

Sementara anggota keluarga I Wayan yang datang mengurus pengambilan jenazah tampak berduka sehingga tak kuasa menahan tangis saat melihat peti jenazah kerabat mereka dibawa keluar.

Setelah menyerahkan jenazah I Wayan dan menyampaikan dukacita, Edy meninggalkan Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur sekira pukul 09.20 WIB.

Belum diketahui pasti jumlah jenazah narapidana kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang hari ini diserahkan ke pihak keluarga karena hingga pukul 09.53 WIB proses masih berlangsung.

Namun berdasarkan data hingga Selasa (14/9/2021) sebanyak 16 dari total 25 jenazah narapidana korban tewas kebakaran yang sudah teridentifikasi telah diserahkan ke pihak keluarga. 

Baca juga: Dalami Kasus Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan 48 Napi, Kalapas Victor Teguh Diperiksa 10 Jam

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved