Breaking News:

Hari ke-3 Gage di TMII, Masih Ada Pengunjung Belum Tahu Pemberlakuan Aturan

Warga belum tahu penerapan ganjil genap di Jalan Taman Mini 1, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Pemberlakuan gage di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Pemberlakuan ganjil genap (Gage) di Jalan Taman Mini 1, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) belum sepenuhnya diketahui warga.

Padahal sudah diberlakukan sejak Jumat (17/9/2021) oleh jajaran Satlantas dan Sudin Perhubungan Jakarta Timur guna mengurangi mobilitas pengunjung pada akhir pekan di tempat wisata.

Kanit Lantas Cipayung AKP Anton Budiarto mengatakan hingga Minggu (19/9/2021) masih ditemukan ada pengendara mobil yang diputarbalik karena pelat nomor kendaraannya tidak sesuai tanggal.

Baca juga: Ganjil Genap Diterapkan di Kawasan TMII, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik

"Sejak dimulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB sudah ada empat mobil yang diputarbalikkan. Kita masih terus ingatkan pengendara," kata Anton di Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (19/9/2021).

Jumlah tersebut masih berpeluang bertambah karena gage di pintu masuk TMII diberlakukan hingga pukul 18.00 WIB yang jadi waktu mayoritas pengunjung tempat wisata datang.

Hanya pengendara mobil yang pelat nomor kendaraan terakhirnya sesuai tanggal di hari tersebut diperkenankan masuk TMII, lainnya diputarbalikkan petugas gabungan.

Baca juga: Polisi Tak Pandang Bulu, 5 Mobil Pejabat Ditilang saat Melewati Kasawan Ganjil Genap di Jakarta

"Kalau kemarin, hari Jumat (18/9/2021) itu total kendaraan roda empat yang diputarbalikkan jumlahnya di bawah 40. Gage ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, roda dua tidak," ujarnya.

Ini mengacu Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kemudian, Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Corona Virus Disease 2019.

Baca juga: Ganjil Genap Mulai Diberlakukan di Akses Masuk Taman Mini Indonesia Indah

Anton menuturkan dalam pemberlakuan gage di pintu masuk TMII ini pihaknya tidak memberlakukan sanksi tilang, hanya memutarbalikkan kendaraan roda empat yang pelat nomor kendaraan tak sesuai.

"Pintu masuk di TMII ini ada lima, tapi yang dibuka hanya satu. Untuk mengurangi mobilitas pengunjung, jadi gage hanya diberlakukan di pintu masuk utama TMII," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved