Breaking News:

Di Tengah Upaya Pengendalian Pandemi, Airlangga Hartarto Optimis UMKM Bisa Bangkit

Menko Perekonomian mendengar langsung perkembangan kelompok pelaku usaha di Kota Solo yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Istimewa
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jalan Jayengan Kidul, Sarengan, Kota Solo, Kamis (23/9/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Terkendalinya Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia menjadi sinyal positif bagi upaya pemulihan ekonomi. UMKM menjadi sektor yang paling diyakini dengan cepat akan bangkit setelah terdampak pandemi.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jalan Jayengan Kidul, Sarengan, Kota Solo, Kamis (23/9/2021).

Dalam kunjungannya, Menko Perekonomian mendengar langsung perkembangan kelompok pelaku usaha di Kota Solo yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

"Ada kelompok UMKM yang memiliki ribuan binaan. Oleh karena itu saya melihat di lapangannya, anggotanya siapa saja dan kebutuhannya seperti apa, terutama di situasi pandemi Covid-19 ini," ujar Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menerima keluhan dari pelaku UMKM yang mengaku omzetnya turun hingga 50 persen.

"Karena memang di berbagai daerah hampir sama termasuk di solo akibat pandemi itu turun sampai 50 persen. Tapi dengan situasi yang sudah lebih terkendali saat ini. Mudah-mudahan kegiatan mereka bisa bangkit kembali. Pemerintah juga kasih plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR)," ungkap Menko Airlangga.

Menurut Airlangga, UMKM memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan perekonomian nasional. Ia berharap dengan dibentuknya kelompok usaha di setiap wilayah mampu mendorong perekonomian kembali bergeliat.

"Ini merupakan hal yang luar biasa di beberapa kota, ada beberapa jaringan. Saling berbagi dan saling mendukung di situasi saat ini," ungkapnya.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jalan Jayengan Kidul, Sarengan, Kota Solo, Kamis (23/9/2021).
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto saat mengunjungi kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jalan Jayengan Kidul, Sarengan, Kota Solo, Kamis (23/9/2021). (Istimewa)

Membuat kebab

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga sempat mencoba membuat kebab milik usaha Siti Awaliyah yang bernama 'Kebab Lezzis'. Mulai dari menimbang isi toping dari kebab hingga menggoreng dan memasukkannya dalam kemasan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved