Breaking News:

Pemkot Bekasi 2021

Pemkot Bekasi Tegas Segel Bangunan Liar Tak Berizin, Kali Ini Gilirian SPBU Mini di Mustikajaya

SPBU Mini di Jalan Macem, RT 2 RW 4, Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustikajaya, belum mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Humas Pemkot Bekasi
Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Ruang melakukan penyegelan SPBU Mini di Mustikajaya. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MUSTIKAJAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menyegel bangunan tak berizin, kali ini adalah SPBU Mini di kawasan Mustikajaya.

Sebelumnya penyegelan dilakukan terhadap bangunan tower telekomunikasi ilegal.

Kepala seksi Insentif Disinsentif dan Pembongkaran Bangunan Dinas Tata Ruang Kota Bekasi Tarmuji mengatakan, penyegelan SPBU mini ini dilakukan karena pemilik usaha belum memiliki izin.

"Kami kembali lakukan penyegelan di Mustikajaya adapun pada SPBU mini yang tidak memiliki perizinan namun mereka sudah melakukan kegiatan operasional,” kata Tarmuji, Minggu (26/9/2021).

SPBU Mini di Jalan Macem, RT 2 RW 4, Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustikajaya, belum mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Kami sebelumnya sudah melakukan langkah-langkah persuasif tetapi pemilik usaha atau bangunan belum merespon, baru selanjutnya kami melakukan penyegelan," jelasnya.

Dia menambahkan, pengurusan izin penting dilakukan apalagi usaha yang dijalankan merupakan SPBU yang memiliki potensi bahaya bagi masyarakat sekitar.

"Tentunya ada potensi bahaya dari bangunan yang kami segel, apalagi pelaku usaha tidak mengurus perizinan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, penyegelan dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 13 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Izin Pemanfaatan Ruang.

Baca juga: Laga Padat Kontra Persita, Persija Tancap Gas Gelar Latihan Sehari Setelah Duel Lawan Persela

Baca juga: Bukan Berasal dari Belanda, Cek 5 Fakta Menarik Baby Dutch Pancake

Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan, Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor 650/Kep.588-Distaru/XII/2019 tentang Tim Penertiban dan Pembongkaran Bangunan yang melanggar Perizinan di Kota Bekasi.

Sebelumnya, Dinas Tata Ruang Kota Bekasi melakukan penyegelan bangunan tower telekomunikasi di Jalan Al Hidayah, RT 2 RW 2 Jati Bening, Pondok Gede.

Bangunan tersebut berdiri tanpa mengantongi IMB, Pemkot Bekasi telah melakukan pemanggilan terhadap pemilik serta pengelola bangunan tetapi tidak ada respon.

Tarmuji mengimbau, pelaku usaha dapat mengerti serta mentaati peraturan daerah dengan mengurus perizinan.

Langkah ini lanjut Tarmuji, sebagai upaya pemerintah untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan Kota Bekasi.

“Sebagai upaya pemerintah untuk menggali potensi PAD Kota Bekasi,” tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved