Breaking News:

Info Kuliah

Jadi Kampus Asing Pertama di Indonesia, Monash University Buka 4 Jurusan Kuliah S2 dan S3

Jurusan tersebut secara khusus dirancang untuk mendidik tenaga kerja Indonesia agar dapat berkontribusi lebih dalam membangun bangsa khususnya dalam a

dok. Monash University
Suasana Kampus Monash University di Indonesia 

TRIBUNJAKARTA.COM - Menjadi kampus asing pertama di Indonesia, Monash University membuka empat jurusan program pascasarjana dan doktoral.

Empat jurusan yang berorientasi masa depan yaitu Sains Data (Data Science), Kebijakan Publik (Public Policy), Desain Perkotaan (Urban Design) dan Inovasi Bisnis (Business Innovation).

Jurusan tersebut secara khusus dirancang untuk mendidik tenaga kerja Indonesia agar dapat berkontribusi lebih dalam membangun bangsa khususnya dalam aspek sosial, ekonomi dan teknologi.

Monash University
Monash University (dok. Monash University)

Pro Vice-Chancellor dan President (Rektor) Monash University Indonesia Profesor Andrew MacIntyre mengatakan, kehadiran fisik kampus Monash di Indonesia merupakan komitmen mereka untuk Indonesia dan wilayah Asia secara umum.

“Visi bersama antara Monash University dan Pemerintah Indonesia adalah menciptakan berbagai pengetahuan yang dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan sektor sosial, teknologi dan ekonomi di Indonesia,” kata Profesor MacIntyre dalam konferensi pers pada Kamis (30/9).

Lebih lanjut, Profesor MacIntyre mengatakan bahwa inagurasi ini merupakan perjalanan penting untuk mewujudkan visi tersebut.

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Bank Syariah Indonesia untuk Mahasiswa S1, Dapat Bantuan Uang Jutaan Rupiah

“Mewakili pihak universitas, saya ingin menyambut seluruh mahasiswa, staf dan anggota komunitas yang kini telah menjadi bagian dari komunitas Monash,” ujarnya.

Kampus pascasarjana yang berlokasi di barat daya Jakarta (BSD - Tangerang Selatan) itu direncanakan mampu menerima 2.000 mahasiswa setiap tahunnya dan sudah mulai menerima aplikasi mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022.

Monash University Indonesia menawarkan program kuliah bergelar Master dan PhD, bersamaan dengan berbagai program eksekutif dan mikro-kredensial yang ditujukan untuk sektor tertentu.

Chief Operation Officer (COO) Monash University Indonesia Tantia Dian Permata Indah mengatakan, reputasi Monash Universitas yang unggul diharapkan dapat memperkuat hubungan riset dan pendidikan antara Australia dan Asia.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa Kuliah S1 untuk Lulusan SMA/SMK, Cek Cara Daftarnya di Sini

“Seluruh ekosistem yang terdiri dari industri, akademisi, pemerintah, dan alumni akan bahu membahu untuk menciptakan dampak yang istimewa dalam proses pembangunan Indonesia,” kata Tantia.

Lebih lanjut, Monash University secara resmi akan menggelar perkuliahan untuk mahasiswa angkatan pertamanya pada Sabtu (4/10). 

Sebagai kampus asing pertama yang beroperasi di Indonesia, Monash University Indonesia akan mendorong kolaborasi riset dan kemitraan dengan komunitas akademisi, menghadirkan program pengembangan profesional lanjutan untuk para mahasiswa pascasarjana dan menciptakan berbagai peluang kemitraan komersial untuk industri.

President and Vice-Chancellor Monash University Professor Margaret Gardner AC mengatakan pendirian kampus di Indonesia merupakan bagian dari komitmen Monash untuk menjadi universitas global.

“Kampus Monash di Jakarta akan menghadirkan rintisan hubungan dan kolaborasi baru dalam jaringan global kami yang dinamis, sekaligus mempererat hubungan jangka panjang yang telah terjalin dengan Indonesia dan kawasan Asia Pacific,” kata Professor Gardner.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved