Breaking News:

Cerita Krimiinal

Kurungan Penjara Tak Buat 2 Pria Ini Kapok, Setelah Bebas Malah Jadi Pembuat Uang Palsu

Selesai menjalani masa hukuman, keduanya malah bekerja sama menjadi pembuat uang palsu

Dwi Putra Kesuma / Tribun Jakarta
Para pelaku ketika diamankan di Mapolres Metro Depok ,Pancoran Mas, Kamis (30/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Kurungan penjara selama beberapa tahun nyatanya tak membuat OD dan H kapok berbuat kriminal.

Selesai menjalani masa hukuman, keduanya malah bekerja sama menjadi pembuat uang palsu.

Bahkan pada aksinya kali ini, keduanya memiliki dua pengedar yang masing-masing berinisial MP dan TS.

Namun bak peribahasa sepandai-pandainya tupai melompat sekali waktu jatuh juga, OD dan H pun kembali diringkus aparat Kepolisian.

Kali ini adalah Unit Reskrim Polsek Cimanggis yang meringkus OD dan H, setelah berhasil meringkus dua pengedarnya lebih dulu.

“Jadi saya sampaikan saudara inisial H ini belajar dengan saudara inisial OD saat mereka sama sama di LP (Lembaga Pemasyarakatan) dulunya,” ujar Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar, saat memimpin ungkap kasusnya di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kamis (30/9/2021).

“Setelah mereka keluar disitu (LP), mereka membuat rencana. Jadi inisial OD ini punya kemampuan. Seperti yang rekan-rekan lihat, OD ini punya mesin cetaknya, kemudian alat-alat untuk tanda air, ini bahannya dari kertas roti,” timpalnya menjelaskan.

Baca juga: Komplotan Pembuat dan Pengedar Uang Palsu Dibongkar Polisi Depok, Barang Bukti Senilai Rp 158 juta

Sebelumnya, Imran mengatakan modus yang digunakan para pelaku adalah si pengedar membeli sejumlah uang palsu menggunakan uang asli kepada si pembuat.

“Jadi dua tersangka yang berstatus pengedar ini membeli kepada dua tersangka lainnya. Misal mereka beli uang palsu senilai Rp 10 juta, dengan uang asli senilai Rp 1 juta,” kata Imran didampingi Kapolsek Cimanggis, Kompol Ibrahim Sadjab, dan Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved