Hadapi Musim Hujan, Personel Satpol PP Jakarta Utara Diminta Lintas Batas dalam Jalankan Tugas

Ratusan personel Satpol PP Jakarta Utara diminta tak membatasi diri dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam rangka penanganan bencana.

Tribun Jakarta/Gerald Leonardo Agustino
Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin usai memimpin Apel Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Ratusan personel Satpol PP Jakarta Utara diminta tak membatasi diri dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam rangka penanganan bencana memasuki musim hujan.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan, dia mengamanahkan para anggota menjalani lintas batas tupoksi atau dalam kata lain bisa bertugas dalam hal-hal genting.

"Ketika bencana itu terjadi maka kita sebagai aparatur tidak hanya memikirkan akan tupoksi kita, kita hadir sebagai aparatur memberikan solusi dan meringankan beban warga," kata Arifin di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021).

Diungkapkan Arifin, banyak tugas-tugas lain yang bisa dilakukan anggota Satpol PP dalam upaya antisipasi maupun penanganan banjir serta angin kencang.

Ia mencontohkan, petugas Satpol PP bisa mengurai kemacetan apabila di jalan-jalan tertentu yang sedang terendam genangan.

Baca juga: Hadapi Musim Hujan, 664 Personel Satpol PP Jakarta Utara Disiagakan Tangani Bencana

Anggota Satpol PP juga bisa membantu membersihkan tali-tali air yang mampet apabila diperlukan.

"Mereka bisa membantu, tidak lagi mengkotak-kotakan tupoksi, dia tangani tanpa harus dia minta penugasan kepada dinas yang bertugas," kata Arifin.

Adapun dalam rangka siaga bencana, sebanyak 664 personel Satpol PP Jakarta Utara nantinya akan dikerahkan selama musim hujan untuk membantu penanganan-penanganan kebencanaan.

 Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO Satpol PP Jakarta Utara di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021).
 Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO Satpol PP Jakarta Utara di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021). (Tribun Jakarta/Gerald Leonardo Agustino)

Selain para anggota, sarana prasarana untuk antisipasi bencana banjir dan angin kencang juga disiapkan Satpol PP Jakarta Utara.

Ada sedikitnya 106 kendaraan operasional roda empat serta 36 kendaraan roda dua yang disiapkan.

"Kita harus berusaha ya, salah satunya menyiagakan sarana dan prasarana yang ada. Mudah-mudahan hujannya tidak bawa bencana," ucap Arifin.

Kendaraan dinas operasional Satpol PP Jakarta Utara berguna untuk kepentingan evakuasi maupun peristiwa pohon tumbang.

Ada pula perahu karet serta pelampung yang disiapkan ketika banjir bandang menghadang.

Satpol PP Jakarta Utara juga memiliki kendaraan besar yang nantinya difungsikan untuk menembus banjir dalam memudahkan mobilitas warga.

Baca juga: Gelar Apel Akbar Jelang Musim Hujan, Satpol PP Jakarta Utara Sudah Siaga Banjir

"Termasuk beberapa kendaraan yang sudah di atur alur rutenya. Jadi ketika warga yang melihat kendaraan itu, kendaraan Satpol PP untuk melayani warga untuk melakukan mobilitas," kata Arifin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved