Breaking News:

Pemkot Jakarta Timur Lanjutkan Pengerukan Kali Rawa Rengas Cakung

Pemkot Jakarta Timur melalui Sudin Sumber Daya Air (SDA) bakal melanjutkan pengerukan Kali Rawa Rengas, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
ISTIMEWA
Proses normalisasi Kali Rawa Rengas di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Senin (2/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pemkot Jakarta Timur melalui Sudin Sumber Daya Air (SDA) bakal melanjutkan pengerukan Kali Rawa Rengas, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung.

Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Kusmanto, mengatakan, pengerukan tersebut guna menyelesaikan masalah banjir di permukiman warga.

"Targetnya Kali Rawa Rengas akan dikeruk sepanjang 500 meter, ini baru tercapai 300 meter. Ternyata ada kendala 200 meter," kata Kusmanto di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya kendala pengerukan yang dilakukan sejak beberapa bulan lalu karena pada sejumlah bagian aliran masih terdapat lahan warga sehingga terjadi penyempitan saluran.

Rencananya, selain pengerukan Sudin SDA Jakarta Timur juga bakal memperluas aliran Kali Rawa Rengas selebar 2-3 meter guna menambah daya tampung debit agar tidak meluap ke permukiman.

"Selanjutnya dibantu pihak Metland yang akan membantu pompa air agar air di kali tersebut dapat mengalir cepat ke Waduk Site C Jakarta Garden City (JGC), Cakung," ujarnya.

Kusmanto menuturkan, pengerukan dan perluasan dilakukan guna menyelesaikan masalah genangan dan banjir di permukiman warga RW 07 dan RW 08 Kelurahan Cakung Timur.

Baca juga: Hujan Deras, Banjir Setinggi 70 Cm Rendam Jalan Tegal Parang V Jakarta Selatan

Ditargetkan pengerukan Kali Rawa Rengas menggunakan alat berat Sudin SDA Jakarta Timur dimulai kembali pada bulan November 2021 mendatang.

"Minimal bisa menarik air yang jadi penghambat, dengan adanya pedalaman dan pelebaran walaupun sedikit, air bisa ketarik," tuturnya.   

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved