Hentikan Akun Raimas Backbone Official, Kapolres Jaktim: Jangan Sampai Arahan Kapolda Jadi Liar

Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan menghentikan akun YouTube Raimas Backbone Official yang sebelumnya dikelola Aipda Monang Ambarita.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan saat memberi keterangan terkait penanganan kasus kecelakaan LRT, Rabu (27/10/2021). Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan menghentikan aktivitas akun YouTube Raimas Backbone Official yang sebelumnya dikelola Aipda Monang Ambarita. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan menghentikan aktivitas akun YouTube Raimas Backbone Official yang sebelumnya dikelola Aipda Monang Ambarita.

Penghentian akun YouTube yang memiliki 1,4 juta subscriber tersebut dihentikan usai Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyatakan bakal mengevaluasi kinerja Raimas Backbone.

"Untuk sementara kita mengevaluasi kita menghentikan akun (YouTube) Raimas Backbone. Untuk kita evaluasi, jangan sampai seperti arahan pak Kapolda menjadi liar," kata Erwin di Mapolrestro Jakarta Timur, Senin (1/11/2021).

Erwin mengatakan usai Ambarita dimutasi dari Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polrestro Jakarta Timur menjadi Bintara Bidhumas Polda Metro Jaya, pihaknya melakukan evaluasi internal.

Tujuannya agar tindakan memeriksa handphone warga saat melakukan patroli sebagaimana diduga dilakukan Ambarita yang beberapa waktu viral tidak dilakukan anggota lain saat bertugas.

Baca juga: Tanggapan Kapolres Metro Jakarta Timur Terkait Evaluasi Tim Raimas Backbone

"Sehingga kalau ada upaya-upaya yang inisiatif pribadi kemudian melanggar SOP (standar operasional prosedur). Tentu prosedural itu sebagai pedoman setiap anggota untuk melakukan tindakan," ujarnya.

Erwin menuturkan setiap anggota Polri memiliki SOP dalam menjalankan tugas yang harus dipatuhi, termasuk personel yang bertugas mengamankan pelaku tindak pidana.

Pihaknya menyatakan mendukung langkah Polda Metro Jaya yang bakal melakukan evaluasi terhadap tim patroli seperti Raimas Backbone dan Rajawali serta memberi pembekalan tugas.

Baca juga: Aipda Ambarita Raimas Backbone dan Jacklyn Choppers Dimutasi, 2 Polisi Artis Kini di Humas PMJ

"Kami mendukung sepenuhnya dan pelatihan itu rencananya akan dilakukan terpusat di Polda Metro Jaya. Nanti teknisnya seperti apa kami menunggu," tuturnya.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, akun Raimas Backbone Official yang sebelumnya andil membuat nama Ambarita beken kini tidak lagi muncul saat dilakukan pencarian di kanal YouTube.

Aipda Ambarita
Aipda Ambarita (Instagram Raimas Backbone)

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, berencana membubarkan tim pemburu kejahatan seperti Tim Jaguar Polres Metro Depok dan sebagainya untuk menghindari tindakan sewenang-wenang yang yang dilakukan aparat terhadap warga.

Dalam berbagai pemberitaan, Fadil mengatakan dirinya akan menjadikan tim ini lebih profesional dengan pelatihan berbagai macam ilmu pengetahuan, keterampilan, hingga peralatan yang memadai.

“Saya rencananya akan mengumpulkan patrol roda dua, nanti saya akan berikan pelatihan khusus, saya akan siapkan helmnya, kendaraannya, senjatanya, Kemudian kami juga akan siapkan SOPnya juga supaya jangan ada lagi (tim) Jaguar, Cobra, apalagi itu tim Ketupat Sayur, tim Lele apa itu, macam-macam,” ujar Fadil beberapa waktu lalu.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved