Didiagnosa Kanker Prostat, SBY Diterbangkan ke AS untuk Dirawat 1,5 Bulan, Jokowi Kirim Dokter

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat sekaligsu Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, mengajak masyarakat mendoakan kesembuhan SBY

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Instagram @sby.yudhoyono
Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Selasa (2/11/2021) hari ini, Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan berangkat ke Amerika Serikat untuk menjalani perawatan sakit kanker prostat yang dideritanya.

Keberangkatan SBY untuk pengobatan ke Negara Paman Sam didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyno (SHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan tim dokter pribadi. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengirimkan dokter kepresiden.   

Informasi perihal kesehatan SBY kali pertama disampaikan Staf Pribadi Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ossy Dermawan.

Ossy membenarkan bahwa SBY didiagnosa mengalami kanker prostat stadium awal. Oleh karena itu, SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri. 

Baca juga: Nama Pak SBY Puncaki Trending Twitter, Lukisannya Dipuji Banyak Orang: Debur Ombak di Pantai Pacitan

"Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," ujar Ossy, dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

"Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," imbuhnya. 

Tim dokter lantas mengambil opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan terhadap ayah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu.

Baca juga: Curahan Hati SBY Jalani Dua Kali Lebaran Tanpa Istri Tercinta: Hal yang Indah Kini Tak Terjadi Lagi

Berdasarkan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, Ossy menyebut akhirnya diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat. 

"Komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY," kata dia. 

"Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," ungkapnya. 

 
Ossy mengatakan SBY telah mengabarkan perihal rencana berobatnya ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo. 

Baca juga: Berduka, Ibas Kenang Saat Pramono Edhie Wibowo Siap Donorkan Tulang Sumsum untuk Ani Yudhoyono

Jokowi, lanjutnya, dikatakan memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut.

"Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bolavoli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain,"

"Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," tandasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved