Breaking News:

Sudin Sosial Jakarta Timur Gelar Latihan Evakuasi Korban Banjir di Kalimalang Unisma Bekasi

Aliran Kalimalang depan Unisma Kota Bekasi sendiri dipilih karena jadi lokasi pelatihan karena lebih lebar dibanding aliran Kalimalang

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Wartakotalive.com
Ilustrasi evakuasi korban banjir - Petugas melakukan evakuasi satu keluarga pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri di rumahnya, di Perumahan Masnaga, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, pada Jumat (19/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Sudin Sosial Jakarta Timur bakal menggelar pelatihan evakuasi korban banjir bagi anggotanya di aliran Kalimalang dekat Unisma Kota Bekasi pada Minggu (7/11/2021).

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Ridwan mengatakan pelatihan tersebut guna memastikan kesiapan personel menghadapi musim hujan dan adanya imbauan siaga banjir.

"Kita besok mungkin menggunakan perahu karet. Kita ingin mengasah kemampuan, keterampilan, dan kesiapsiagaan anggota di lapangan dalam menghadapi banjir," kata Ridwan saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (6/11/2021).

Rencananya pelatihan diikuti sejumlah anggota Sudin Sosial Jakarta Timur, Taruna Siaga Bencana (Tagana), anggota Kampung Siaga Bencana (KSB), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Baca juga: Siaga Banjir 3 Wilayah DKI, Dapur Umum Segera Didirikan di Titik Banjir Terparah di Jaktim

Aliran Kalimalang depan Unisma Kota Bekasi sendiri dipilih karena jadi lokasi pelatihan karena lebih lebar dibanding aliran Kalimalang yang membentang di wilayah Jakarta Timur.

"Tapi. karena situasi masih pandemi Covid-19. jumlah personel yang ikut, kita batasi. Jadi, hanya diambil perwakilan dari masing-masing kecamatan. Agar tidak melanggar protokol kesehatan," ujarnya.

Ridwan menuturkan jajaran Sudin Sosial Jakarta Timur mendapat pelatihan evakuasi guna menambah jumlah petugas gabungan yang dilibatkan dalam membantu warga korban banjir.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, Warga Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Barat Diimbau Siaga Banjir

Mengingat Jakarta Timur merupakan kota paling luas dan padat penduduk di Provinsi DKI Jakarta, serta permukiman warganya rawan banjir karena dilintasi Kali Ciliwung, Kali Sunter, dan Kali Cipinang.

"Kalau banjir itu kan tidak bisa diprediksi. Jadi selain kita mempersiapkan dapur umum untuk memasok logistik warga di posko pengungsian kita siapkan anggota membantu evakuasi warga," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved