Jakarta Dikepung Banjir

Warga Kebon Pala Kebanjiran Lagi, Permukiman Warga RW 04 & RW 05 Terendam Banjir Setinggi 2,5 Meter

Permukiman warga Kebon Pala, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur kembali terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Senin (8/11/2021).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu korban banjir luapan Kali Ciliwung di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur kembali terendam banjir luapan Kali Ciliwung pada Senin (8/11/2021).

Jhony (43), warga setempat mengatakan banjir dengan ketinggian sekitar 2,5 meter merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 yang wilayahnya dipisahkan jalan lingkungan.

"Ini air mulai naik sekira pukul 22.00 WIB kemarin malam. Memang, informasinya Pos Pantau Depok kan siaga dua kemarin," kata Jhony di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021).

Selain karena curah hujan tinggi dan debit air kiriman dari Bogor dan Depok, ketinggian air dipengaruhi karena pada Minggu (7/11/2021) juga terendam banjir luapan Kali Ciliwung.

Menurut warga saat debit air kiriman dari Bogor dan Depok tiba pada Minggu malam, banjir yang merendam permukiman warga Kebon Pala belum sepenuhnya surut.

Baca juga: Jakarta Timur Rawan Banjir, 20 Kelurahan Jadi Kampung Siaga Bencana: Setiap Tahun Terendam

"Jadi banjir hari Minggu belum sepenuhnya surut, datang lagi kiriman air. Makannya walaupun Katulampa kemarim enggak siaga satu, tapi ketinggian air sekarang tinggi," ujarnya.

Jhony menuturkan hingga pukul 08.00 WIB dengan ketinggian air berkisar 2,5 meter belum ada warga mengungsi, mereka masih bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing.

Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu korban banjir luapan Kali Ciliwung di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021)
Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu korban banjir luapan Kali Ciliwung di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021) (ISTIMEWA)

Menurutnya, warga baru memilih mengungsi ke posko pengungsian yang disediakan Kelurahan Kampung Melayu bila ketinggian air luapan Kali Ciliwung berkisar tiga meter.

"Tapi kalau bantuan, apalagi pelampung untuk keperluan evakuasi perlu. Karena sampai sekarang jumlahnya enggak cukup, masih sedikit yang dikasih pemerintah. Sama bantuan logistik," tuturnya.

20 Kelurahan Jadi Kampung Siaga Bencana

Dinas Sosial DKI Jakarta menetapkan 20 dari total 65 Kelurahan yang tersebar pada 10 Kecamatan di Jakarta Timur menjadi Kampung Siaga Bencana (KSB).

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Ridwan mengatakan 20 Kelurahan tersebut ditetapkan sebagai KSB karena rawan banjir.

"Ini Kelurahan yang memang setiap tahunnya menghadapi banjir. Mereka (warga) yang paling terdampak banjir," kata Ridwan saat dikonfirmasi di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (7/11/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved