Breaking News:

Musim Hujan Bersamaan Waktu Telur Menetas, Damkar Depok Imbau Warga Antisipasi Kemunculan Ular

Dijelaskan oleh Welman, bulan September-Oktober hingga Maret mendatang adalah waktu menetesnya telur ular di dalam sarangnya.

ISTIMEWA/Dokumentasi Damkar Kota Depok
Petugas Damkar Kota Depok menunjukan satu induk ular kobra yang berhasil diamankan dari rumah warga di Jalan Abdul Rohim, Bojongsari, Sawangan, Kota Depok, Senin (30/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Memasuki musim penghujan, Kota Depok bukan hanya siaga menghadapi bencana banjir dan longsor, melainkan juga kemunculan ular di pemukiman padat penduduk.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Welman Naipospos, mengungkapkan, tibanya musim penghujan berbarengan dengan waktu menetas telur beberapa spesies ular.

Dijelaskan oleh Welman, bulan September-Oktober hingga Maret mendatang adalah waktu menetesnya telur ular di dalam sarangnya.

Setelah menetas, anak ular ini akan keluar dari sarangnya dan bergerak ke segala penjuru untuk mencari makan serta minum.

"Anak ular tidak menyusu dan tidak tinggal dengan induknya. Si induk ular sudah pergi meninggalkan telur sesaat setelah di sembunyikan dalam lubang untuk ditetaskan. Induk ular kobra tidak mengerami telur," kata Welman dalam keterangan resminya, Selasa (16/11/2021).

Lanjut Welman, ular biasanya lebih suka bersembunyi di tempat yang kering dibandingkan tempat basah.

Biasanya, ular menyenangi tempat-tempat yang banyak hewan buruannya seperti tikus, katak, kadal, cicak, dan lain-lainnya.

Baca juga: 2 Pemuda Curi Ular Piton Ratusan Juta Rupiah Saat Mati Listrik, Terungkap Ketika COD

"Ular akan bertahan di satu tempat yang banyak makanannya dan juga ada lokasi sembunyi yang aman dan kering, dan akan berpindah bila tempat tersebut tidak ditemukan sumber makanan," tuturnya.

Oleh sebab itu, Welman mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan di dalam rumah dan juga lingkungan sekitar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved