Breaking News:

Hasil Survei Tunjukkan Duet Prabowo-Puan, Ganjar-RK dan Anies-AHY Jadi Pasangan Pilpres Terkuat

Bursa calon presiden kian marak dan mengerucut pada tiga besar, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Istimewa
Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting mengenai pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bursa calon presiden kian marak dan mengerucut pada tiga besar, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Bagaimana dengan pasangan calon wakil presiden yang mendampingi dan diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas Capres?

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan Prabowo paling kuat ketika berpasangan dengan Puan Maharani, Ganjar dengan Ridwan Kamil, dan Anies dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

“Prabowo-Puan, Ganjar-RK, dan Anies-AHY muncul sebagai pasangan capres-cawapres terkuat,” ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

NEW INDONESIA melakukan simulasi dengan memasangkan tiga capres terkuat (Ganjar, Prabowo, dan Anies) dengan enam nama yang memiliki peluang kuat maju sebagai cawapres (Puan, RK, AHY, Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto).

Baca juga: Mesranya Hubungan Anies Baswesdan dan Golkar, Bagaimana Peluang Sang Gubernur Jadi Capres 2024?

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan mendapat dukungan terbesar (50,3 persen) dibandingkan jika berpasangan dengan nama-nama yang lain. Pasangan kuat lainnya adalah Ganjar-RK (45,4 persen) dan Anies-AHY (34,3 persen).

Menurut Andreas, pasangan Prabowo-Puan merepresentasikan poros koalisi dua partai politik besar, yaitu PDIP dan Gerindra. Sedangkan Anies-AHY berpeluang didukung oleh poros Nasdem yang dikomandoi oleh Surya Paloh.

“Kuatnya dukungan publik terhadap Prabowo-Puan dan Anies-AHY memperlihatkan mulai terbangunnya dua poros utama yang didukung oleh kekuatan partai-partai politik, dalam hal ini PDIP-Gerindra dan Nasdem,” tandas Andreas.

Baca juga: Anies Dapat Pesaing Berat, PDIP Siapkan Sejumlah Kandidat Capres 2024: Ada Ganjar Pranowo dan Puan

Sementara itu Ganjar-RK berpeluang didukung oleh partai-partai lain yang belum tergabung dalam kedua poros. “Jika Prabowo-Puan dan Anies-AHY didukung elite parpol, Ganjar-RK mewakili figur kepala daerah berprestasi di dua provinsi terbesar Pulau Jawa,” lanjut Andreas.

Pasangan lain yang potensial adalah Ganjar-Erick (30,1 persen) dan Prabowo-Sandi (21,3 persen). Pasangan lain dengan Anies relatif lebih tersebar, dan angka tidak tahu/tidak jawab paling tinggi (10,7 persen).

Baca juga: Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Akankah Anies Baswedan Punya Peluang Menang? Ini Penjelasannya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved