Petugas Dibuat Tak Berdaya, Napi Lapas Tangerang Kabur Lewat Tempat Ini: Sempat Minta Izin Keluar

Seorang narapidana kasus narkotika berinisial A melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Rabu (8/12/2021).

Editor: Wahyu Septiana
Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Pintu gerbang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Minggu (12/12/2021) - Fakta baru mulai terungkap terkait kaburnya seorang narapidana kasus narkotika berinisial A dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Rabu (8/12/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Fakta baru mulai terungkap terkait kaburnya seorang narapidana kasus narkotika berinisial A dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Rabu (8/12/2021).

Sebelum kabur, A sempat meminta izin kepada petugas hendak menuju tempat pencucian mobil yang berada di area depan lapas.

Hal itu diutarakan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Agus Toyib.

A selanjutnya langsung melarikan diri memperdayai petugas.

Untuk menuju area pencucian mobil tersebut, kata Agus Toyib, dipastikan A terlebih dahulu meminta izin keluar kepada petugas yang berjaga di pintu lapas.

"Napi itu kaburnya lewat pintu depan terlebih dahulu, lalu menuju tempat pencucian mobil, dan kemudian keluar terus lari," ujar Agus Toyib saat dikonfirmasi awak media, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Napi Kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang Lewat Tempat Pencucian Mobil, Sempat Izin dengan Petugas

Oleh sebab itu Agus menegaskan, proses kaburnya A bukanlah dari area dalam lapas, namun melalui pintu masuk lapas.

"Jadi dia bukannya kabur dari dalam dengan cara lompat tembok atau gimana, bukan seperti itu," kata dia.

Suasana terkini Lapas Kelas 1 Tangerang yang terjadi kebakaran maut menewaskan 44 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana, Kamis (9/9/2021).
Suasana terkini Lapas Kelas 1 Tangerang (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

"Tapi memang napi ini ada proses ijin keluar terlebih dahulu, baru setibanya di luar kemudian dia lari," tegasnya.

Oleh sebab itu, Agus menegaskan pihaknya melakukan pemeriksaan terkait dengan pelarian A melalui urutan bawah terlebih dahulu.

Menurutnya, A seharusnya keluar dengan penjagaan dari petugas yang mengawasi dirinya.

Baca juga: Napi Kasus Narkoba Kabur dari Lapas Tangerang

Tapi kali ini, A tidak dijaga petugas saat minta izin keluar.

"Kami periksa dan memintai keterangan dari bawah dulu, seperti dari petugas yang berada di tempat pencucian mobil itu, baru selanjutnya ke proses izin pengeluarannya," jelasnya.

"Kan larinya ini dari petugas yang mengawal dan mengawasi dia di luar, makanya masih kita mintai keterangannya dulu, karena seharusnya narapidana ini ada proses izin keluar dari petugas atau pejabat yang berjaga lebih dahulu," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved