Formula E

Tidak Bangun Sirkuit Baru, Aspal Jalan Raya di Ancol Bakal Dipoles untuk Formula E

Proses pemolesan jalan hingga pembangunan fasilitas pendukung untuk sirkuit Formula E di Ancol bakal dimulai pada Januari 2022

TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Gambaran sirkuit Formula E di Taman Impian Jaya Ancol berbentuk Kuda Lumping. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Panitia pelaksana memastikan tidak membangun sirkuit baru untuk perhelatan Formula E Jakarta yang akan digelar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara pada 4 Juni 2020 mendatang.

Panitia tidak akan membangun sirkuit dari nol seperti Sirkuit Mandalika NTB.

Sebab, sejatinya balapan mobil listrik internasional ini bakal digelar di jalan yang sudah ada. Oleh karena itu, panitia hanya akan memoles aspal jalan raya yang ada di Taman Impian Jaya Ancol.

"Semua ada standar, tapi enggak baku (baku mutu) kayak F1. (Soal aspal) ya ditambahin saja. Seperti begini kan mana boleh? Sama saja kita jalan jelek banget, kan diperbaiki," ujar Ketua Pelaksana Formula E sekaligus Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni, di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Proses pemolesan jalan hingga pembangunan fasilitas pendukung untuk sirkuit Formula E di Ancol bakal dimulai pada Januari 2022 dan direncanakan rampung pada April 2022.

Baca juga: Bocoran Sirkuit Formula E di Ancol, Bakal Mirip Seperti Kuda Lumping: The New Iconic Jakarta

Semua anggaran untuk kegiatan untuk Formula E tersebut diklaim Sahroni yang mencapai ratusan miliar rupiah itu, tidak akan menggunakan APBD DKI Jakarta maupun Penyertaan Modal Dararh (PMD dari pemerintah pusat.

"Pada saat pelaksanaan kegiatan yang bermula ini  Rp100 miliar, untuk penyelenggaraan, persiapan segala macam Rp100 miliar, sudah semua," kata Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang. Targetnya tiga bulan sampai April, semua perbaikan yang terkait dengan untuk mendukung sirkuit yang ada. Start Januari," sambungnya.

Baca juga: Formula E Digelar di Ancol, Penyelenggara Targetkan 60 Ribuan Penonton 

  

  

Sirkuit Formula E di Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ditetapkan jadi lokasi sirkuit Formula E.

Setelah mengerucut menjadi dua opsi lokasi sirkuit, yakni di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, kini pihak penyelenggara Formula E resmi mengumumkan lokasi sirkuit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved