Universitas Trisakti Gelar PKM, Bantu Kelompok Wirausaha di Tangsel Bertransaksi Online

Civitas akademika Universitas Trsakti telah merampungkan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis hasil penelitian.

Universitas Trisakti
Peserta program PKM Unversitas Trisakti, Komunitas Bina Amanah Cordova. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Civitas akademika Universitas Trsakti telah merampungkan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis hasil penelitian perguruan tinggi swasta tahun 2021.

Pendanaannya sendiri merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud RIstek) sebesar Rp 1,6 miliar.

PKM tersebut dilaksanakan dengan melakukan pendampingan kepada wirausaha dan calon wirausaha.

Sementara, PKM berbasis penelitian itu dilakukan oleh: Dra. Hartini M.M. (Ketua/ Manajemen, FEB); Dr. Husna Leila Yusran M.M., (Anggota/ Manajemen, FEB); Richy Wijaya W., S.E., M.M., C.R.A., (Anggota/ Manajemen, FEB); Dr. Wegik M., S.sn, M.Hum, (Anggota/ Desain Komunikasi Visual, FSRD) dan Ir. Teddy Siswanto M.Si. (Anggota/ Sistem Informasi. FTI).

Sebanyak empat mahasiswajuga turut dilibatkan pada program ini: Ahmad Buchori (Program Ekonomi Pembangunan, FEB); Supandi (Program Manajemen, FEB); Abbraham Sahertian (Program Akuntansi, FEB); Azhar Rizki Zulma (Program Sistem Informasi, FTI).

Para peserta PKM berbasis penelitian Universitas Trsakti.
Para peserta PKM berbasis penelitian Universitas Trsakti. (Universitas Trisakti)

Sesuai dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Hartini, Wijaya dan Margaretha tahun 2021, bahwa inklusi keuangan memainkan peranan penting dalam menjalankan sebuah usaha dan juga penjualan produk menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian.

Pengenalan tentang digitalisasi marketing juga sudah dilakukan untuk beberapa kelompok wirausaha seperti yang dilakukan Wijaya, Rahayu dan Hafiz tahun 2020.

Sementara untuk memudahkan transaksi secara online, Siswanto, Maripurwanto dan Syafudin tahun 2021, melakukan  pengenalan dan pelatihan penggunaan software Odoo kepada masyarakat.

Hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat  sebelumnya dan pengembangan aplikasi yang mudah digunakan diharapkan dapat diterapkan pada Mitra. Mitra yang dipilih dalam program pengabdian Masyarakat ini adalah kelompok wirausaha yang tergabung dalam kelompok kewirausahaan Bina Amanah Cordova yang berada di Tangerang Selatan (Tangsel).

Wirausahawan yang terlibat PKM berbasis penelitian Universitas Trisakti.
Wirausahawan yang terlibat PKM berbasis penelitian Universitas Trisakti. (Universitas Trisakti)

Pada pelaksanaan PKM ini tim juga bekerjasama dengan Vastu Prajna Vatayana sebagai industri kreatif yang memiliki format yang memiliki pengalaman dalam pekerjaan animasi, virtual reality, motion grafik, brand aktivitas dan lain sebagainya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved