Breaking News:

Hambat Proyek MRT Jakarta, Rel Trem Peninggalan Belanda Bakal Dipindah ke Sini

Rel trem peninggalan Belanda yang ditemukan di lokasi pengerjaan proyek MRT Fase 2A paket kontrak atau CP 203 Glodok-Kota bakal segera dipindah.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana pembangunan MRT Jakarta fase 2A paket kontrak atau CP 203 Glodok-Kota terparkir di lokasi ditemukannya rel trem di Glodok, Jakarta, Selasa (28/12/2021). PT MRT Jakarta bersama arkeolog saat ini masih menginvestigasi rel trem yang ditemukan di bawah beton saat kegiatan tes tanah tersebut. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Rel trem peninggalan Belanda yang ditemukan di lokasi pengerjaan proyek MRT Fase 2A paket kontrak atau CP 203 Glodok-Kota bakal segera dipindah.

Ahli Arkeologi Junus Satrio Atmodjo mengatakan, rel trem tersebut kini tengah dalam proses pengangkatan untuk selanjutnya dipindah ke pool milik Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) di daerah Jelambar, Jakarta Barat.

"Poolnya itu ada di Jelambar, jaraknya kira-kira 6 kilometer dari lokasi ekskavasi. Kondisi lapangannya terbuka, karena PPD mempunyai lahan yang cukup besar," ucapnya dalam diskusi virtual, Kamis (30/12/2021).

Di lokasi baru itu, rel trem peninggalan Belanda ini akan dirawat sebaik mungkin agar kondisinya tetap baik.

"Nanti akan disimpan rel tersebut selama beberapa tahun dan dalam masa penyimpanan akan dilakukan konservasi, kemudian akan dihindari dari kelembapan, akan ditutup agar tidak terjadi kerusakan," ujarnya.

Baca juga: PT MRT Jakarta Temukan Rel Trem Zaman Belanda, Dishub Pastikan Konstruksi Tetap Berjalan

Junus menambahkan, bagian terkecil seperti bantalan rel hingga sekrup juga akan disimpan dan dirawat agar kondisinya tetap baik.

"Kalau rel mungkin tidak terlalu masalah ya, karena memang dia terbuat dari baja yang sangat baik, tetapi bantalan-bantalan kayu, sekrup-sekrup, dan bantalan baja yang jumlahnya sangat banyak itu juga akan kami rawat," tuturnya.

Setelah proses pemindahan rel rampung, pengerjaan konstruksi jalur MRT Jakarta fase 2A Glodok-Kota, Jakarta Barat akan dilanjutkan.

Baca juga: Ada Rel Trem Zaman Belanda di Bawah Tanah Kota Tua, Wagub Ariza Pastikan Bakal Pindahkan Demi MRT

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved