Breaking News:

Kecelakaan

Pengemudi Mobil Brio yang Tabrak Lari Lima Kendaraan di Kemanggisan jadi Tersangka

AKP Hartono melanjutkan pihaknya masih memeriksa DN di kantor Satlantas Jakarta Barat. Mobil dan surat-surat kendaraan milik DN juga ditahan

ist
Video mobil jenis sedan diamuk massa di Permata Hijau Jakarta Selatan beredar di pesan Whatsapp pada Senin (10/1/2022) malam dan viral di media sosial. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Kepolisian menetapkan DN, pengemudi Honda Brio yang melarikan diri usai menabrak lima kendaraan di Kemanggisan Jakarta Barat, sebagai tersangka.

Kanit Laka Lantas Jakarta Barat, AKP Hartono mengatakan DN telah melanggar pasal 310 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Meski begitu, polisi tidak melakukan penahanan terhadap DN lantaran ancaman pidana di bawah lima tahun.

"Kami lagi susun berkasnya. Kan kalau tilang hanya pelanggaran, kalau ini kan sudah mengakibatkan kerusakan beberapa kendaraan dan ada juga yang luka," ujar Hartono saat dikonfirmasi pada Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Pengemudi Brio Tabrak Lari 3 Motor dan 2 Mobil di Kemanggisan, Polisi: Dia Panik

Pasal 310 ayat 1 UU LLAJ berbunyi,"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat 2 dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan dan/atau denda paling banyak Rp 1 juta."

Sedangkan Pasal 310 ayat 2 UU LLAJ mengatur,"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat 3, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau paling banyak Rp 2 juta."

Baca juga: Pengendara Motor Ngebut Sampai Tabrak Angkot di Flyover Buaran Jakarta Timur, 2 Orang Luka

Baca juga: Adu Balap Selepas Pintu Keluar Tol, Fortuner Anak Muda Seruduk 2 Mobil hingga Ringsek

AKP Hartono melanjutkan pihaknya masih memeriksa DN di kantor Satlantas Jakarta Barat. Mobil dan surat-surat kendaraan milik DN juga ditahan untuk kepentingan penyidikan.

"Kendaraan pelaku dan surat-suratnya semua kita sita," pungkasnya.

  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved