5 Wilayah di Jakarta Ini Dinyatakan Zona Merah Omicron, Krukut Tidak Termasuk

Kemenkes juga memaparkan bahwa saat ini terdapat 174 kasus transmisi lokal Omicron di mana 87 persen atau 152 di antaranya berada di Jakarta.

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Justin TALLIS / AFP
Gambar ilustrasi yang diambil di London pada 2 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar bertuliskan 'Omicron', nama varian baru covid 19, dan ilustrasi virus. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kementerian Kesehatan mencatat peningkatan signifikan penyebaran virus corona varian Omicron di wilayah DKI Jakarta. Kini, sudah lima wilayah di Jakarta masuk kategori zona merah Omicron berdasarkan. 

Hal tersebut tertuang dalam dokumen Kementerian Kesehatan bertajuk "Perkembangan Penanganan Pandemi 18 Januari 2021" yang diterima Kompas.tv pada Kamis (20/1/22).

  

  

Lima wilayah tersebut ialah Kecamatan Cilandak, Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, dan Senen. 

"Sebaran kasus Omicron di DKI Jakarta, didominasi oleh warga Kecamatan Cilandak, Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, dan Senen," tulis dokumen tersebut.

  

Baca juga: Waspada, Kasus Varian Omicron di Jakarta Nyaris Tembus 1.000

Baca juga: Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk Kota Tangerang, 4 Orang Terinfeksi Sedang Dirawat

      

Wilayah Kelurahan, Krukut Kecamatan, Taman Sari, Jakarta Barat tidak masuk zona merah penyebaran Omicron dari Kemenkes ini meski saat ini ada lebih 100 warga di wilayah tersebut terpapar Covid-19 yang diawali satu kasus Omicron

  

Merujuk dokumen Kemenkes tersebut, kategori merah berarti daerah tersebut mencatat lebih dari delapan pasien Omicron.

  

Sementara wilayah kuning melaporkan satu hingga tujuh pasien Omicron. Daerah dengan status hijau menandakan belum melaporkan satupun kasus Omicron.

Baca juga: Omicron Sudah Masuk Bogor, Pasien Pertama Kerap Wara-wiri ke Jakarta dengan Transportasi Umum

Baca juga: Anies Baswedan Dinilai Sibuk Pamer JIS, PDIP Beri Kritik Pedas Soal Penanganan Banjir dan Omicron

  

Kemenkes juga memaparkan bahwa saat ini terdapat 174 kasus transmisi lokal Omicron di mana 87 persen atau 152 di antaranya berada di Jakarta. 

  

Seorang penghuni apartemen Green Bay Condo, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, terpapar Covid-19 varian Omicron dijemput petugas gabungan, Selasa (28/12/2021).
Seorang penghuni apartemen Green Bay Condo, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, terpapar Covid-19 varian Omicron dijemput petugas gabungan, Selasa (28/12/2021). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Perlu diketahui, data yang dipaparkan merupakan data yang dihimpun Kemenkes hingga Minggu (15/1/2022).

  

Baca juga: Sadis! Istri di Duren Sawit Dibunuh Suami usai Hubungan Badan

Sementara itu, data terakhir dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, per Rabu (19/1/22), total kasus Omicron di ibu kota mencapai 988 orang, 663 di antaranya pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan 325 lainnya transmisi lokal. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved